Sambil Nunggu Vaksin Corona, Luhut Beri Titah, Anies Langsung Jawab

Sambil Nunggu Vaksin Corona, Luhut Beri Titah, Anies Langsung Jawab Foto: Sufri Yuliardi

Pemerintah terus melakukan berbagai cara menangani lonjakan angka kasus penderita Covid-19. Cara tersebut antara lain dengan pengetesan dan pelacakan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Luhut Pandjaitan menyebut, pihaknya saat ini tengah menyiapkan vaksin untuk Covid-19, diharapkan November 2020 sudah dapat diterima.

"Kita juga menekankan pentingnya melakukan targeted, testing dan tracing (3 T). Selagi menunggu datangnya vaksin Covid-19," ujar dia dalam Rapat Koordinasi targeted testing dan tracing Covid-19 di Jabodetabek dan Bali, Rabu (14/10/2020).

Baca Juga: Elite Demokrat Tuntut Klarifikasi, Balasan Mahfud MD Disorot Warganet

Sementara itu, Penasehat Menko Bidang Penanganan Covid-19 Monica Nirmala mengatakan, penularan Covid-19 didominasi segelintir orang yang terinfeksi, yang disebut sebagai super spreaders. Mereka mampu menularkan virus kurang lebih 2 hari sebelum timbul gejala, hingga 10 hari setelah bergejala.

"Oleh karena periode infeksius yang singkat ini, maka waktu dan kecepatan respon kita sangat penting untuk memutus rantai penularan. Time is of the essence (waktu adalah kunci),” ungkap dia.

Sementara itu, Gubernur DKI Anies Baswedan, mengatakan, di Jakarta sendiri, terjadi penurunan proporsi klaster perkantoran selama 14 hari terakhir setelah dilakukan targeted testing dan tracing.

"Testing ini diterapkan secara gratis kepada 8.000 spesimen per harinya," jelas dia.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini