Sttt... Ada Surga Tersembunyi di Pulau Mandingin Madura

Sttt... Ada Surga Tersembunyi di Pulau Mandingin Madura Foto: Mochamad Ali Topan

Mandangin adalah desa dan pulau yang berada di kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Jatim dan memiliki luas 1.650 km² dan dihuni 3.000 penduduk. Pulau yang mempunyai posisi geografis di Laut Jawa ini memiliki surga tersembuyi yakni, pulau menghasilkan cadangan gas rata rata  produksi harian sebesar 100 MMSCFD dan sektor pariwisata khusus obyek wisata pantai yang terkenal dengan keindahan pasir putih dan terumbu karangnya

Kehidupan masyarakatnya adalah mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan. Meraka hidup berdampingan antar warga dan saling menjaga tempat mengais rezekinya. Hal ini bagian yang wajib dijaga karena wilayah itu adalah sumber kehidupan bagi meraka. Baca Juga: PHRI Jalin Kerja Sama Pengembangan Pariwisata dengan Peru

Kehadiran Husky CNOOC Madura Limited (HCML) sebagai perusahaan kegiatan explorasi dan exploitasi minyak dan sas bumi dibawah naungan SKK Migas sebagai wakil dari Pemerintah Republik Indonesia memberi peluang besar bagi dalam meningkatkan perekonomiannya. Salah satu yang dilakukan perusahaan gas ini (HCML) terus mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan warga dipulau Mandangin ini dengan berbagai pelatihan kerja dan usaha lewat Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Manage  Regional Office HCML, Hamim Tohari secara tegas menjelaskan, sejak beroperasi HCML  pihaknya telah berkomitmen untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang berbasis meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga sudah melaksanakan semua ketentuan yang dipersyaratkan regulasi maupun kepatutan sosial dalam kegiatan eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas di perairan Madura, Jatim.

"Mudah-mudahan keberadaan HCML bisa memberikan manfaat dan meningkatkan kesejahteraan warga pulau Mandangin," kata Hamim di Sampang, Madura, Rabu (14/10/2020).

Dikatakan Hamim, untuk mendukung program PPM ini pihaknya,  telah menggandeng tenaga konsultan bisnis dan Dinas Koperasi UMKM Tenaga Kerja setempat untuk memberikan pelatihan dan memberikan bantuan peralatan usaha warga di wilayah kepulauan tersebut.

Disebutkan, ada dua kegiatan pelatihan di antaranya pembekalan pengetahuan tentang dunia mekanik terhadap pemuda Mandangin. Program PPM ini memberi pelatihan 30 Usaha Kecil dan Menengah ( UKM) untuk meningkatkan hasil produksi olahan makanan serta pengemasan dan pemasaran. Selain itu pula, pembangunan infrastruktur terus dilakukan mulai akses jalan hingga tempat ibadah.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini