DKI Transisi, Aktivitas Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta Bergerak Naik

DKI Transisi, Aktivitas Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta Bergerak Naik Foto: Antara/Muhammad Iqbal

Pemerintah DKI Jakarta kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi mulai 12 Oktober hingga 25 Okktober mendatang. Perubahan status limitasi dari ketat menjadi transisi ini mendapat respons positif dari pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta yang mengalami kenaikan 5% dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Berdasarkan pantauan live data dari Airport Operator Control Center (AOCC), jumlah pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (12/10/2020) pukul 19.00 WIB mencapai 454 penerbangan. Sementara pada Minggu (11/10/2020) pukul 19.00 WIB sebanyak 430 penerbangan.  

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan tren peningkatan ini sangat jarang terjadi karena biasanya jumlah penerbangan pada hari pertama di awal minggu lebih rendah dibandingkan dengan akhir minggu. 

Baca Juga: Puluhan Investor Lirik Proyek Bandara Lombok, Nilainya Tembus Rp10,3 Triliun

"Minggu adalah waktu sibuk di bandara, di mana lalu lintas penerbangan cukup tinggi. Namun, pada hari pertama PSBB Transisi DKI Jakarta ini, lalu lintas penerbangan pada Senin justru lebih tinggi 5% dibandingkan dengan hari sebelumnya," kata Awaluddin di Jakarta, Senin (12/10/2020).

Sehingga secara total, jumlah penerbangan di 19 bandara PT Angkasa Pura II diperkirakan meningkat sekitar 5%. Salah satunya dipicu karena cukup ramainya penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta pada hari pertama PSBB transisi.

Ia mengatakan peningkatan penerbangan sejalan dengan semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan nasional. Adapun saat ini PT Angkasa Pura II dan stakeholder di 19 bandara tengah menggalakkan Safe Travel Campaign agar traveler tetap merasa nyaman dan aman untuk bepergian dengan pesawat.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini