Mahasiswa Diimbau Edukasi Masyarakat Agar Disiplin Cegah Covid-19

Mahasiswa Diimbau Edukasi Masyarakat Agar Disiplin Cegah Covid-19 Foto: Antara/Ampelsa

Kalangan mahasiswa diharapkan menjadi ujung tombak untuk membangun kesadaran masyarakat mengubah perilaku sehari-hari yang mengarah pada kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan.

Langkah ini urgen dilakukan mengingat masih banyak anggota masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan karena merasa tidak akan tertular Covid-19. Seperti diungkap Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah mereka tidak kecil, yakni 17% dari responden atau sekitar 44,9 juta orang.

Baca Juga: Perangi Covid-19, Yuk Belajar Disiplin Protokol Kesehatan dari Malaka, NTT

Sejauh ini mahasiswa sudah dilibatkan dalam relawan Covid-19, termasuk untuk menjalankan di bidang perubahan perilaku. Kegiatan mereka bahkan telah terhubung dengan aplikasi sehingga bisa termonitor.

“Kita ingin masyarakat punya kebiasaan untuk hidup sehat, hidup bersih. Jadi, perubahan perilaku itu adalah upaya di hulu, mencegah orang supaya tidak tertular. Itu menjadi sangat penting,” ucap Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Sonny Harry B Harmadi dalam diskusi secara virtual di Graha BNPB di Jakarta.

Dia menjelaskan, ada dua hal yang perlu dilakukan untuk memutus mata rantai penularan, yakni perubahan perilaku dengan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan serta mencuci tangan pakai sabun, dan penanganan kesehatan dengan 3T yang meliputi testing, tracing, dan treatment.

Selanjutnya
Halaman

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini