Statusnya Masih Red Blink, Habib Rizieq Mesti Bayar Denda Ratusan Juta & Dibui 6 Bulan

Statusnya Masih Red Blink, Habib Rizieq Mesti Bayar Denda Ratusan Juta & Dibui 6 Bulan Foto: Sufri Yuliardi

Kabar kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab ke Tanah Air disebut masih terganjal dengan statusnya yang masih masuk daftar 'blinking merah' di dalam sistem portal Imigrasi Arab Saudi.

'Blinking merah' dalam sistem imigrasi Arab Saudi itu menjelaskan status visa Habib Rizieq sudah habis (ta'syirat mutanahiyah) alias overstayer. Lebih lanjut, dalam portal tersebut tertulis Habib Rizieq sebagai 'pelanggar'.

"Ada juga kolom ma'lumat al-mukhalif (data tentang pelanggar). Di kolom foto MRS ditulis 'Surah al-Mukhalif' foto pelanggar," kata Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, Rabu (14/10/2020).

Baca Juga: Habib Rizieq Mau Pulang, Anggota DPR Senangnya Bukan Kepalang

Dari hasil komunikasi Dubes RI dengan otoritas Arab Saudi, nama Muhammad Rizieq Shihab masih 'red blink' di sistem Imigrasi Arab Saudi. Agus menegaskan 'red blink' ini adalah sinyal bahwa Habib Rizieq belum bisa keluar dari Arab Saudi.

Habib Rizieq belum bisa kembali ke Indonesia karena mesti membayar denda akibat masa tinggal melebihi batas waktu yang diizinkan oleh Arab Saudi atau overstayer.

Direktorat Jenderal kantor paspor (Al Jawazat) di Arab Saudi, sejak Februari 2016, telah mengumumkan akan memberlakukan hukuman ketat pada setiap ekspatriat yang melebihi masa berlaku visa mereka.

Al Jawazat telah menyarankan kepada semua pemegang visa harus memperhatikan persyaratan visa mereka dan tidak boleh overstay atau mereka akan menghadapi hukuman berat.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini