PHRI Jalin Kerja Sama Pengembangan Pariwisata dengan Peru

PHRI Jalin Kerja Sama Pengembangan Pariwisata dengan Peru Foto: Istimewa

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dengan Asosiasi Hotel dan Restoran Peru (AHORA) mengikat kerja sama dalam pengembangan pariwisata.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Peru dan Bolivia, Marina Estella Anwar Bey, menyatakan bahwa sektor pariwisata merupakan suatu sektor bisnis yang sangat penting di Indonesia dan menyumbang 6% pada GDP Indonesia.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Labuan Bajo

"Situasi pandemi Covid-19 telah sangat merugikan sektor pariwisata di Indonesia maupun di Peru sehingga MoU ini merupakan satu langkah baik untuk menghadapi tantangan yang timbul akibat Covid-19," kata Marina dalam keterangan tulisnya.

Selain itu, lanjut dia, Peru adalah mitra dagang Indonesia keempat terbesar dan pasar yang penting di Amerika Latin. MoU ini sangat penting untuk meningkatkan kerja sama antarpelaku bisnis di Indonesia dan Peru terutama pada sektor pariwisata.

"Penandatanganan MoU ini diharapkan dapat membantu dalam eksplorasi kerja sama seperti riset pasar, peluang investasi, serta penyelenggaraan eksebisi dan pameran dagang," ucapnya.

Acara penandatangan yang seharusnya mempertemukan kedua belah pihak, yaitu PHRI dan AHORA, dilakukan secara terpisah di Jakarta dan Lima mengingat situasi global yang tidak memungkinkan pertemuan secara langsung.

Di Jakarta pada 7 Oktober 2020 telah ditandatangani terlebih dahulu MoU tersebut oleh Ketua PHRI disaksikan oleh Duta Besar Peru untuk Indonesia, Julio Cardenas, sedangkan di Lima MoU tersebut ditandatangani oleh Wakil Ketua AHORA dan disaksikan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Peru dan Bolivia.

Acara penandatangan MoU dihadiri oleh Direktur Promosi Pariwisata, Kementerian Perdagangan dan Pariwisata Peru (MINCETUR), Direktur Asia dan Direktur Promosi Pariwisata, Kementerian Luar Negeri Peru, Presiden Kamar Pariwisata Nasional Peru (CANATUR), dan staf KBRI Lima.

Para perwakilan dari Kementerian Perdagangan dan Pariwisata, Kementerian Luar Negeri, Kamar Pariwisata Nasional Peru, dan AHORA setuju bahwa penandatangan MoU ini merupakan inisiatif yang baik untuk mempromosikan kerja sama antara pelaku bisnis khususnya di sektor pariwisata Indonesia dan Peru.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini