Apa Itu Norovirus?

Apa Itu Norovirus? Foto: Twitter/asyikfmrtm

Norovirus adalah wabah penyakit seperti diare yang menyebar melalui makanan, minuman dan kotoran manusia atau hewan. Penyakit ini juga kerap disebut flu perut dan telah membuat puluhan mahasiswa di China sakit dengan gejala muntah-muntah, diare dan demam.

Norovirus awalnya disebut sebagai virus Norwalk yang pertama kali dikonfirmasi pada tahun 1972. Norovirus dianggap sebagai penyebab paling umum dari gastroenteritis akut di seluruh dunia.

Baca Juga: Apa Itu Lintang Kemukus?

Norovirus merupakan virus yang sangat menular dan terkadang mematikan, virus ini dapat menyebabkan penderitanya muntah dan diare serta bisa menyebar melalui kontak dengan penderita, norovirus juga bisa menyebar dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Norovirus sendiri telah menginfeksi sekitar 685 juta orang di seluruh dunia setiap tahun dan kini menjadi masalah kesehatan di China.

Menurut Pusat Pengendalidan dan Pencegahan Penyakit (CDC) di AS, rata-rata norovirus menyebabkan 19 juta sampai 21 juta kasus di AS per tahun. Meski begitu, kasus infeksi norovirus umumnya terjadi pada musim dingin. Karena itu, orang-orang juga menyebutnya "infeksi muntah musim dingin".

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini