Berapi-api Jadi Perdana Menteri, Anwar Ibrahim Akhirnya Jumpa Raja Malaysia

Berapi-api Jadi Perdana Menteri, Anwar Ibrahim Akhirnya Jumpa Raja Malaysia Foto: Antara/REUTERS/Lim Huey Teng

Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim mengadakan pertemuan yang telah lama ditunggu-tunggu untuk menemui Raja Malaysia pada Selasa (13/10/2020). Dia berusaha membuktikan dirinya memiliki dukungan untuk mengambil alih kekuasaan dan memenuhi ambisi untuk menjadi perdana menteri Malaysia.

Dikutip dari AFP, Malaysia kini berada dalam kekacauan sejak pemerintahan reformis Mahathir Mohamad yang mengundurkan diri pada Februari 2020 lalu di tengah adanya pertikaian.

Baca Juga: Raja Malaysia Sampai-sampai Harus Nasihati Anwar Ibrahim

Muhyiddin Yassin menjadi perdana menteri Malaysia tanpa pemilihan, tetapi dukungan koalisinya goyah dan para kritikus menuduhnya kurang legitimasi.

Dalam pengumuman pada September 2020 lalu, Anwar mengatakan dirinya telah mendapatkan dukungan yang cukup dari anggota parlemen untuk menggulingkan Muhyiddin.

Tetapi Raja Malaysia yang menunjuk perdana menteri, menunda bertemu dengannya karena kesehatan yang buruk.

Anwar Ibrahim, seorang pemimpin oposisi lama yang sebelumnya dipenjara selama bertahun-tahun setelah dihukum karena kasus sodomi.

Dia berusaha menjadi perdana menteri selama lebih dari dua dekade dan dipandang sebagai pemimpin Malaysia yang menunggu sampai pemerintahannya runtuh.

Pria berusia 73 tahun itu akhirnya bertemu dengan raja, Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah, selama 25 menit di istana nasional pada Selasa hari ini.

Pertemuannya dengan Raja Malaysia ini juga diunggah di akun instagram Anwar Ibrahim.

Anwar mengatakan telah menyerahkan dokumen yang menunjukkan dirinya mendapat dukungan dari setidaknya 120 anggota parlemen dan raja akan memanggil para pemimpin partai politik yang berbeda untuk menilai klaimnya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini