Telusuri Bola Kasti Usai Demo FPI, Polisi Sampai Turunkan Tim Penjinak Bom

Telusuri Bola Kasti Usai Demo FPI, Polisi Sampai Turunkan Tim Penjinak Bom Foto: Antara/Aji Styawan

Sebuah bola kasti ditemukan aparat Kepolisian saat demo massa menolak Undang-Undang Cipta Kerja di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat. Bola tersebut diduga berisi bahan kimia yang dilemparkan oknum demonstran usai aksi massa FPI.

Bola tersebut ditemukan di dua titik, yakni pertama di area sekitaran Patung Kuda, dan bola kedua ditemukan di Tugu Tani, ketika massa dipukul mundur oleh aparat dari Patung Kuda. Massa melemparkan bola tersebut ke arah polisi ketika dibubarkan.

Baca Juga: Anak STM Gampang Diajak Demo, KPAI: Karena Bosan Sekolah Online

"Itu (bola kasti) sedang kami selidiki. Apakah betul ada bahan kimia atau tidak, masih pendalaman," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana kepada wartawan, Selasa malam, 13 Oktober 2020.

Nana mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerjunkan Tim Gegana Brimob untuk menyelidiki dugaan bahan kimia di dalam bola tersebut. Saat ini sedang berlangsung pendalaman. 

"Ini kami sedang selidiki. Anggota dari penjinak bom (jibom) dan Gegana. Hasilnya akan kami sampaikan kalau sudah ada," ujarnya.

Ia menduga massa yang melakukan kericuhan itu adalah kelompok anarko. Massa itu kemudian terlibat bentrok dengan anggota polisi yang masih berjaga di sekitaran Patung Kuda.

"Anak-anak anarko inilah yang kemudian bermain. Ada tadi kurang lebih sekitar 600-an dan mereka berupaya memprovokasi. Awalnya kami coba untuk bertahan dan tidak terpancing. Tetapi mereka terus melempari. Kemudian, kami melakukan upaya pendorongan dan kami melakukan penangkapan," kata Nana.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini