Meski Kasus Positif Covid-19 Meningkat Tapi Tingkat Kematian Terus Menurun

Meski Kasus Positif Covid-19 Meningkat Tapi Tingkat Kematian Terus Menurun Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mengungkapkan kasus positif COVID-19 secara nasional pada 5-11 Oktober 2020 meningkat 5,9 persen dibanding pekan sebelumnya (28 September-4 Oktober).

"Pada tingkat nasional setelah di minggu lalu terjadi penurunan kasus positif, ternyata di minggu tersebut terjadi kenaikan kasus positif 5,9 persen," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual di Gedung BNPB Jakarta, Selasa.

"Ini adalah hal yang harus kita hindari. Penambahan kasus positif harusnya menurun setiap minggunya," kata Wiku Adisasmito.

Baca Juga: Cegah Corona dari Klaster Keluarga, Ini 4 Hal yang Harus Dilakukan!

Wiku mengapresiasi Provinsi Maluku, Riau, Gorontalo, Sulawesi Barat dan Aceh yang pada minggu pertama Oktober 2020 masuk 5 besar namun pada 5-11 Oktober berhasil keluar dari 5 besar dengan berupaya menekan angka kasus COVID-19.

"Perlu perhatian khusus pada 5 besar provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi. Di pekan sebelumnya Jawa Tengah dan Jawa Barat keluar dari 5 besar, tapi pekan ini kembali masuk ke 5 besar," ungkap Wiku.

Lima besar provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi adalah Jawa Tengah naik 499 kasus, Jawa Barat naik 383 kasus, Papua Barat naik 314 kasus, Sulawesi Selatan naik 277 kasus, dan Sulawesi Tengah naik 204 kasus.

"Bagi daerah yang masuk 5 besar segera lakukan evaluasi terkait penerapan protokol kesehatan. Jangan masuk 5 besar kasus positif karena ini bukanlah prestasi," tegas Wiku.

Namun meski kasus positif COVID-19 meningkat tapi tingkat kematian pada 5-11 Oktober terus menurun.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini