Usulan Ganti Nama Jabar dengan Sunda, Fadel Muhammad: Atur Strategi, Jangan Underground

Usulan Ganti Nama Jabar dengan Sunda, Fadel Muhammad: Atur Strategi, Jangan Underground Foto: Humas MPR

Bertempat di Perpustakaan Ajip Rosidi, Jl. Garut No. 2, Kota Bandung, Jawa Barat, kemarin (12/10/2020) digelar Dialog Aspirasi Pengembalian Nama Provinsi Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda.

Hadir dalam acara yang diikuti oleh puluhan peserta dan wartawan, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad, anggota MPR dari Kelompok DPD Jawa Barat Eni Sumarni, serta para tokoh masyarakat Sunda, seperti Andri Prawira, Avi Taufik, Dyna, Acil Bimbo, Prof Ginanjar, dan Memet Hamdan.

Dalam acara itu disampaikan aspirasi oleh masyarakat Sunda mengenai keinginan mereka untuk mengganti nama Jawa Barat dengan provinsi bernama Sunda atau Tatar Sunda. Mereka satu per satu menyampaikan soal sejarah, demografi, sosiologi, dan budaya Sunda. Dikatakan oleh salah seorang tokoh yang hadir bahwa aspirasi untuk menjadikan Sunda sebagai nama provinsi sudah dilakukan sejak 1926.

Baca Juga: Ucapan Prabowo Bagai Nina Bobokan Buruh: Cobalah Sabar, Kita Coba Dulu UU Ciptaker 

Selepas acara, Fadel Muhammad menuturkan kehadiran dirinya di kota yang disebut Paris Van Java itu untuk melakukan serap aspirasi yang berkembang di masyarakat.  "Ini merupakan salah satu tugas MPR," ujarnya.

Dikatakan, pada waktunya nanti aspirasi dari tokoh dan masyarakat Sunda akan disampaikan kepada Presiden. Lebih lanjut pria alumni ITB itu mengatakan ia bersama dengan anggota DPD dari Jawa Barat dan tokoh Sunda pada hari itu berkumpul dan berdiskusi mengenai masalah itu.

Bagi Fadel Muhammad, aspirasi untuk mengganti nama Jawa Barat dengan Sunda sah-sah saja. "Anggota MPR dari Fraksi Gerindra, Fadli Zon pun juga mengusulkan nama Provinsi Sumatera Barat diganti nama dengan Provinsi Minangkabau," ungkapnya.

"Aspirasi Fadli Zon dan tokoh Sunda itu tidak masalah," tutur Wakil Ketua MPR dari unsur DPD. Baginya suku, agama, ras itu bukan masalah. "Tak ada masalah dengan primodialisme," tuturnya.

Bila para tokoh Sunda bercita-cita demikian, Fadel Muhammad menyarankan tinggal bagaimana mencari strateginya. Disebut harus ada yang berani mempelopori dan berani memulai. "Seperti yang dilakukan oleh Fadli Zon dengan mengusulkan mengganti nama Sumatera Barat dengan Minangkabau," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini