Tunjukkan Gejala Covid-19, Masyarakat Diimbau Segera ke Rumah Sakit

Tunjukkan Gejala Covid-19, Masyarakat Diimbau Segera ke Rumah Sakit Foto: Sufri Yuliardi

Masyarakat diimbau segera menuju ke rumah sakit terdekat jika dirasa mengalami gejala-gejala Covid-19.

Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan Rita Rogayah menyebut hal ini perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan keluarga.

"Hal ini agar tidak menularkan virus corona ke orang terdekat atau keluarga tercinta," katanya dalam acara Update Wisma Atlet : Ketersediaan Fasilitas Isolasi Mandiri dan Perkembangan RS Rujukan di 11 Provinsi Prioritas di saluran Youtube BNPB, Senin (12/10/2020).

Baca Juga: Doni Bawa Kabar Baik: ICU di DKI Jakarta Berangsur Kosong

Menurut Rita, selain rumah sakit, masyarakat juga bisa mengecek gejala tersebut ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) atau Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (Faskes I).

Tenaga medis nantinya akan menerima dan akan melakukan rapid test. Rita menambahkan agar selama hasil rapid test tersebut belum keluar, masyarakat diimbau untuk isolasi mandiri.

"Selama hasilnya belum keluar, masyarakat menjalankan isolasi mandiri di rumah agar tidak menularkan ke orang lain," katanya.

Selama isolasi mandiri, Rita mengimbau masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dan menjaga jarak.

Jika terkonfirmasi positif, tenaga medis akan menjemput masyarakat yang bersangkutan, kemudian melaporkan kasus ke Dinas Kesehatan.

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini