SOBAT Competition 2020 untuk Tingkatkan Kapabilitas Sekolah

SOBAT Competition 2020 untuk Tingkatkan Kapabilitas Sekolah Foto: Dok. PT United Tractors Tbk (UT)

PT United Tractors Tbk (UT) menciptakan generasi muda yang siap bekerja, mandiri dan berkarakter melalui program Sekolah Binaan United Tractors (SOBAT). Melalui SOBAT Competition, UT berharap dapat meningkatkan kapabilitas sekolah agar mampu berdaya saing, tangguh dan berdampak bagi daerah sekitarnya. 

Sara K.Loebis selaku Corporate Secretary United Tractors menjelaskan, SOBAT merupakan program yang dibentuk oleh UT untuk membantu pendidikan teknik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tujuan SOBAT adalah meningkatkan kualitas para murid, guru, seraya mempersiapkan transformasi sekolah-sekolah agar dapat bersaing dalam Dunia Usaha Dunia Industri (DU/DI). Baca Juga: Maskapainya Jeblok Akibat Pandemi, Miliarder Ini Akhirnya Untung Berkat Bisnis Ini!

Ini adalah tahun kedua kami melaksanakan SOBAT Competition, animo dari sekolah-sekolah baik SMK maupun SMA sangat tinggi dibuktikan dengan jumlah keikutsertaan yang terus meningkat. Tidak kalah penting, kualitas dari inovasi SMK dan SMA ini juga luar biasa, para peserta dapat menghadirkan inovasi yang bermanfaat dan berdaya saing tinggi.  Baca Juga: Tips Bisnis Startup: Jangan Kurangi Biaya Pemasaran di Tengah Pandemi, Lakukan 3 Hal Ini!

Dengan jejaring yang dimiliki, UT membuat ajang kompetisi antar sekolah binaan yang diberi nama SOBAT Competition. Tahun ini, SOBAT Competition diadakan untuk kedua kalinya dengan tema yang diangkat adalah “Inovasi Untuk Meningkatkan Pendidikan di Indonesia yang Sejalan dengan DUDI”. Kompetisi ini merupakan ajang bagi sekolah, siswa, maupun guru untuk menunjukan kemampuan terbaiknya melalui inovasi yang dibuat oleh tiap sekolah. Selain itu, ajang ini juga merupakan sarana untuk membangun hubungan yang harmonis antara UT dengan sekolah-sekolah binaannya. 

“UT berharap SOBAT Competition dapat meningkatkan kapabilitas sekolah agar mampu berdaya saing, tangguh dan berdampak bagi daerah sekitarnya,” tutur Sara K.Loebis, dalam keterangannya, Selasa (13/10/2020).

SOBAT Competition 2020 dilaksanakan dalam 2 (dua) kategori, yaitu kategori inovasi Teknik Alat Berat (TAB) dan kategori inovasi umum. Total makalah inovasi yang terkumpul adalah 159 inovasi dari 87 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia. Tahap Grand Final SOBAT Competition diikuti oleh 10 tim dengan inovasi terbaik, yaitu 5 inovasi untuk kategori TAB dan 5 inovasi untuk kategori umum. 

Pada tanggal 21 September – 12 Oktober 2020, diselenggarakan penjurian tahap Grand Final, dan pengumuman pemenang dilakukan bertepatan dengan perayaan hari jadi UT ke-48 yang jatuh pada tanggal 13 Oktober 2020. Adapun penilaian yang diberikan untuk SOBAT Competition 2020 adalah dari sisi konsep, kerjasama tim, sistem dan performance.

Pemenang untuk kategori TAB adalah SMK Muhammadiyah 3 Samarinda dengan judul inovasi “Health and Productivity Monitoring System Unit Komatsu D 85E SS 2”. Sekolah lainnya yang menjadi juara untuk kategori TAB adalah SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, SMK Negeri 2 Jember, SMK PGRI 2 Ponorogo dan SMK Negeri 2 Tarakan. Sementara itu pada kategori inovasi umum dimenangkan oleh SMKN PGRI 2 Ponorogo dengan judul inovasi “Aplikasi Bisa Solusi di Masa Pandemi” dan sekolah lainnya yang menjadi juara untuk kategori ini adalah SMK Negeri 1 Sindang Indramayu, SMK Yaspim Sukabumi, SMK Negeri 1 Paringin Kalimantan Selatan, serta SMA As-Syafiyah Internasional Medan.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini