Kisah Orang Terkaya: Wang Wei, Bos Kurir Logistik China Berharta Rp486 T

Kisah Orang Terkaya: Wang Wei, Bos Kurir Logistik China Berharta Rp486 T Foto: CFP Photo/Shunfeng Express

Jasa logistik atau kurir pengiriman tampaknya akan terus tumbuh beriringan dengan besarnya e-commerce. Seperti perusahaan yang dikelola Wang Wei, SF Express, membawanya menjadi salah satu orang terkaya di China.

Bos kurir ini bahkan kekayaannya pernah melampaui Jack Ma pada tahun 2017 silam. Sejak melepas saham perdananya ke pasar modal pada 23 Februari 2017, SF Express terus tumbuh hingga membawa Wang Wei memiliki harta kekayaan USD32,9 miliar (Rp486 triliun).

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Lee Man Tat, Kaya Raya Berkat Saus Tiram

Wang Wei adalah putra dari seorang seorang guru bahasa Rusia di salah satu universitas. Ia lahir di Shanghai pada tahun 1971 dan ikut orang tuanya ke Hong Kong. Tumbuh besar di Hong Kong membuat Wang Wei hanya dapat menyelesaikan sekolah menengah dan kemudian mulai bekerja sebagai buruh percetakan kecil di kota Shunde di provinsi Guangdong.

Saat bekerja disanalah Wang Wei melihat betapa besar peluang di bidang logistik tatkala volume pengiriman meningkat dan kurangnya jasa pengiriman yang tersedia.

Pada tahun 1993 saat terjadi puncak reformasi ekonomi China, Wang Wei yang saat itu masih sangat muda yakni berusia 22 tahun, memutuskan untuk meminjam uang untuk modal kepada sang ayah sebesar USD13.000 dan bermitra dengan lima temannya memulai usaha jasa kurir bernama Shunfeng (SF) Express.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini