Militer AS Tampilkan Kengerian dari Tank Robot M5 Ripsaw Robotic

Militer AS Tampilkan Kengerian dari Tank Robot M5 Ripsaw Robotic Foto: Military.com/Textron

Rencana militer Amerika Serikat (AS), untuk memasukan peran robot dalam angkatan perangnya semakin nyata. Kini, mereka sedang mengembangkan kendaraan tempur robot bertenaga listrik.

Tentu, penambahan peran robot dalam angkatan bersenjata AS, sudah dipertimbangkan matang-matang. Ini dilakukan agar, bisa mengurangi jumlah kematian prajurit di medan perang.

Baca Juga: Israel Kerahkan Tank-Tank Tempur ke Jalur Gaza

Ripsaw%20M5_Photo%201%201800.jpg

Dikutip dari Military Senin (12/10/2020), kendaraan tempur robot yang akan melewati tahap uji coba di Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army) adalah M5 Ripsaw Robotic Combat Vechicle.

Awal tahun ini, angkatan darat memilih tim Textron untuk mengembangkan kendaraan tak berawak dari anak perusahaannya, Howe & Howe. Mereka terpilih untuk membuat dan memproduksi platform Medium Combat Vehicle atau RCV.

US Army ingin mengembangkan RCV versi ringan dan sedang, untuk memberikan opsi dalam mengirim kendaraan tak berawak ke pertempuran melawan pasukan musuh. Sebanyak empat kendaraan M5, yang bertenaga diesel dan motor listrik hybrid akan diujicoba pada akhit tahun ini.

Ripsaw%20M5_Photo%204.jpg?itok=A_Mi3CgT

Kendaraan tempur tak berawak ini dilengkapi dengan, dua motor listrik hybrid bertenaga 900 horse power dan diesel range extender. Range extender merupakan sebuah generator, yang memungkinkan kendaraan dapat menempuh perjalanan sekitar 300 hingga 400 mil.

Diketahui pula bahwa kendaraan yang serba listrik ini, tidak akan memiliki menara meriam seperti kendaraan tempur standar M5 yang lainnya. Tapi sejauh ini belum diketahui pasti, jenis persenjataan diri apa yang akan ada di dalam kendaraan tak berawak atau drone itu.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini