Jika Dihitung, Cuma Ada 1 dari 5 Warga Irak yang Mau Pakai Masker

Jika Dihitung, Cuma Ada 1 dari 5 Warga Irak yang Mau Pakai Masker Foto: Antara/Via Reuters/Thaier al-Sudani

Seorang pejabat kesehatan Irak mendesak warga untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 lebih lanjut.

Irak telah mencabut jam malam parsial nasional sejak akhir bulan lalu. Lewat sebuah pernyataan, Riad al-Halfi mengatakan hanya 20 persen warga Irak yang masih memakai masker.

Baca Juga: Pengurangan Tentara AS di Irak Jadi Strategi Trump Berikutnya

Padahal, otoritas Irak mewajibkan pemakaian masker dan sarung tangan di transportasi umum dan pribadi, pasar, dan lembaga pemerintah sejak bulan Mei.

Denda 50.000 dinar Irak (??42 dolar AS) akan diberikan ke orang-orang yang melanggar aturan. Irak sejauh ini telah mengonfirmasi 400.124 kasus, termasuk 9.790 kematian dan 332.330 pemulihan.

Meskipun wisatawan asing dilarang masuk ke Irak, tempat-tempat ibadah, taman umum, tempat hiburan, hotel, dan restoran telah beroperasi kembali.

Penyelenggaraan pertandingan olahraga juga sudah diperbolehkan meskipun tanpa kehadiran penonton.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini