Apa Itu Pendapatan Kotor?

Apa Itu Pendapatan Kotor? Foto: Unsplash/Rawpixel

Pendapatan kotor adalah pendapatan dari semua sumber atau jumlah total pendapatan perusahaan yang dikurangi harga pokok penjualan perusahaan. Pendapatan kotor perusahaan, atau margin kotor, adalah tolok ukur paling sederhana dari profitabilitas perusahaan.

Walaupun metrik pendapatan kotor mencakup biaya langsung untuk memproduksi atau menyediakan barang dan jasa, namun metrik pendapatan kotor tidak termasuk biaya lain yang berkaitan dengan kegiatan penjualan, administrasi, pajak, dan biaya lain yang terkait dengan menjalankan bisnis secara keseluruhan.

Baca Juga: Apa Itu Pendapatan Bersih?

Pendapatan kotor dalam konteks individual merupakan jumlah total pendapatan seseorang sebelum dipotong pajak atau deduksi lainnya (seperti asuransi, dll). Pendapatan ini termasuk pendapatan dari berbagai sumber dan tidak terbatas pada uang tunai; properti atau jasa juga masuk dalam cakupan pendapatan kotor. 

Pendapatan kotor disebut sebagai laba kotor saat menyiapkan laporan keuangan untuk perusahaan, dan itu sama dengan pendapatan dari penjualan barang atau jasa dikurangi harga pokok penjualan.

Sumber pendapatan dapat terdiri dari pendapatan dari penjualan barang dan jasa, kekayaan intelektual, pendapatan dari properti sewa, keuntungan modal dari investasi, dll. Laba kotor adalah baris dalam laporan laba rugi.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini