Maia Dinyinyirin Netizen Soal Penghasilan Artis, 'Buruh Sebulan 3jt, Artis Sehari Bisa 30jt'

Maia Dinyinyirin Netizen Soal Penghasilan Artis, 'Buruh Sebulan 3jt, Artis Sehari Bisa 30jt' Foto: Instagram/mayaestianty

Maia Estianty membahas mengenai kehidupan dan penghasilan pekerja seni. Istri Irwan Mussry itu mengatakan bahwa pekerja seni tidak pernah mendapat pesangon atau gaji bulanan.

Pekerja seni seperti pemain film, seni peran, seni tari, pelukis, pemahat patung, pemain musik dan sastrawan yang dimaksud Maia mendapat uang dari setiap permintaan untuk tampil.

"Seniman atau pekerja seni.. semuanya itu nggak pernah dapet pesangon, gaji juga bukan gaji bulanan, bayar asuransi juga bayar sendiri (nggak ditanggung perusahaan), pajak terus bayar juga," tulis Maia di Instagram belum lama ini.

Baca Juga: Lagi Ngomong Gak Dipikir, Orang PDIP Sentil Ahmad Dhani: Bodohmu Nanggung

Menurut dia, pekerja seni sangat jauh berbeda dengan karyawan swasta atau pegawai negeri yang memiliki asuransi. Sehingga ketika mereka sakit, ada yang menanggung pembiayaan.

"Kalau sakit, ya nggak dapet apa-apa. Kadang ada seniman yang masa tuanya sakit pun kudu disumbang ramai-ramai. Tapi kebanyakan hanya bisa menjadi pekerja seni aja. Memberikan karya yang terbaik untuk bangsa. Belum lagi ada karya yang didownload gratis...ppffff..." tulis Maia melanjutkan.

"Mari kita selalu bersyukur dalam pandemi ini. Bukan hanya kamu yang susah, kita semua ini sedang dalam kondisi drop. Mari kita lakukan segala sesuatu semua karena Allah, bukan karena manusia...Alhamdulillah," lanjut mantan istri Ahmad Dhani itu.

Oleh karena menyoroti kehidupan pekerja seni, ibu tiga anak itu malah dikritik warganet. Warganet justru membandingkan penghasilan karyawan perusahaan dengan pendapatan artis atau penyanyi yang bayarannya fantastis untuk sekali pekerjaan.

"Waduh kalo artis walau bukan gaji bulanan, sekali manggung atau 1 film aja udah gaji buruh setahun atau bertahun tahun bun. Gak bisa dibandingin," tulis warganet. 

"Yang aku bicarakan bukan artis, tapi seniman pada umumnya....seniman musik pun ada seniman musik tradisional, dan banyak lagi," jawab Maia membalas komentar tersebut.

"Penghasilan buruh sama artis beda jauh...buruh sebulan 3jt...artis sehari bisa 30jt," kata warganet nyinyir.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini