Apa Itu SEO?

Apa Itu SEO? Foto: Just Do Digital

Apakah Anda memiliki situs bisnis online namun sepi pengunjung? Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan trafik adalah dengan mencapai peringkat yang lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencari.

Mesin pencarian diibaratkan seperti perpustakaan di era digital. Alih-alih menyimpan salinan buku, mereka menyimpan salinan halaman web. Saat Anda mengetik sebuah kueri ke dalam mesin telusur, kueri tersebut akan melihat semua halaman dalam indeksnya dan mencoba menampilkan hasil yang paling sesuai dengan pencarian tersebut. Untuk melakukan mesin pencarian, menggunakan program komputer yang disebut sebagai algoritma.

Untuk bisa mencapai hasil teratas pada halaman mesin pencaria, Anda membutuhkan strategi SEO. Namun, apa itu SEO? Mari simak artikel berikut ini.

Baca Juga: Membedah Perbedaan Traditional Marketing dan Digital Marketing

Pengertian dari SEO

Salah satu bentuk keberhasilan dari bisnis online yaitu mendapatkan peringkat terbaik di halaman mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo!. Untuk mendapatkan peringkat teratas, sebuah bisnis online memerlukan optimalisasi terhadap mesin pencari atau biasa disebut dengan SEO. Namun, apa itu SEO? Mari simak penjelasan lebih dalam mengenai definisi dari SEO.

SEO adalah singkatan dari pengoptimalan mesin pencarian atau dalam bahasa Inggris, Search Engine Optimization, merupakan proses pengoptimalan situs web bisnis untuk mendapatkan trafik organik (tidak berbayar) dari laman hasil mesin pencarian.

Dengan kata lain, pengertian dari SEO melibatkan seluruh perubahan tertentu pada desain dan konten situs web sehingga lebih menarik bagi mesin pencari. Tujuan melakukan optimalisasi pada mesin pencarian yaitu untuk menampilkan situs web bisnis di bagian teratas sehingga memungkinkan pengguna internet untuk dapat mengakses situs web Anda tanpa perlu kesulitan mencarinya.

Walau kedengarannya sulit, melakukan strategi pemasaran SEO sebenarnya mudah untuk dilakukan. Mesin pencari ingin memberikan layanan terbaik bagi penggunanya. SEO akan memberikan hasil yang tidak hanya memiliki kualitas tinggi, tetapi juga sesuai dengan apa yang sedang dicari oleh pengguna internet.

Dalam melakukan tugasnya, mesin pencarian akan memindai, atau disebut juga sebagai crawling pada situs web untuk lebih memahami situs tersebut secara keseluruhan. Ini akan membantu mereka untuk memberikan hasil yang lebih sesuai bagi pengguna yang sedang mencari topik atau kata kunci tertentu.

Kemudian, mesin pencari akan memindai situs tersebut untuk menentukan seberapa mudah untuk dinavigasi dan dibaca, memberi ranking pada situs yang ramah pengguna dengan peringkat yang lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencari.

Optimisasi pada mesin pencari adalah sebuah proses yang perlu dilalui sebuah perusahaan yang bergerak di dunia maya untuk membantu memastikan bahwa situs mereka memiliki peringkat yang tinggi di mesin pencari dengan menggunakan kata kunci dan frasa yang relevan. Misalnya, Anda ingin menulis artikel seputar cara budi daya ikan lele.

Untuk menampilkan konten pada orang yang tepat, Anda perlu mencoba mengoptimalkan entri blog tersebut sehingga akan kontern tersebut akan muncul di bagian teratas bagi siapa saja yang sedang menelusuri frasa 'budi daya ikan lele'.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini