Kemenkominfo Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Informasi & Komunikasi Publik Lewat JARKOM

Kemenkominfo Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Informasi & Komunikasi Publik Lewat JARKOM Foto: Dok. Kemkominfo

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) selaku pengampu tugas dan fungsi sebagai Government Public Relation (GPR), melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, menggelar program JARKOM (Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom), Pelatihan Jurnalistik yang ditujukan kepada ASN (Aparatur Sipil Negara) yang bertugas pengelola media  instansi di seluruh Indonesia. Kegiatan ini digelar guna meningkatkan kualitas  penyebaran informasi mengenai kebjakan, penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan kepada masyarakat di seluruh Indonesia.  Baca Juga: Cek Fakta: Muncul Isu Kemenkominfo Mau Blokir Medsos Akibat Demo Omnibus Law, yang Benar?

JARKOM merupakan salah satu upaya Kominfo dalam mendukung  Inpres No. 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik. Dimana, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan kepada para Menteri, Kepala Lembaga Non Kementerian, Gubernur, dan Bupati/Wali Kota untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi dan kewenangan dari masing-masing K/L dalam rangka mendukung pelaksanakan komunikasi publik. Baca Juga: Tok! Komisi I Ketok Anggaran Kemenkominfo Rp16,9 Triliun

Lewat JARKOM, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo berharap bisa meningkatkan kemampuan teknis ASN untuk mengembangkan dan mengelola informasi pada instansi masing-masing; serta Meningkatkan kemampuan dan keterampilan jurnalistik dalam hal pembuatan konten (berita, foto, video dan grafis) terkait program pemerintah. 

JARKOM digelar secara daring melalui webinar Zoom selama lima hari, mulai tanggal 12-16 Oktober 2020, dengan mengusung topik yang berbeda setiap harinya. Acara ini mendapat sambutan yang cukup baik dari para pengelola media instansi pemerintah di seluruh nusantara. Terbukti, hingga acara digelar tercatat sudah 600 orang ikut mendaftarkan diri.

Acara dibuka oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Widodo Muktiyo, Senin (12/10/2020). Dalam sambutannya, Widodo Muktiyo memberikan apresiasi luar biasa terhadap kegiatan yang digelar Direktorat Pengelolaan Media Kemkominfo ini.  

“Semoga kegiatan ini bukan hanya berhenti di program. Namun, outputnya juga terlihat dan data berkontribusi pada kanal-kanal di media yang dikelola Direktorat Pengelolaan Media,” ujarnya, penuh semangat.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pembahasan per topik. Ada lima topik yang disiapkan dalam program JARKOM kali ini, yaitu Teknik Menulis Berita Online, Konten Kreatif Lewat Infografis, Membuat Foto Jurnalistik, Memaksimalkan Konten Audio Visual, dan Manajemen Media. Setiap topik akan dibahas oleh narasumber dari Kominfo Newsroom dan beberapa praktisi media.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini