Industri Penerima Fasilitas Kawasan Berikat Lepas Ekspor, Wamendag Kasih Jempol

Industri Penerima Fasilitas Kawasan Berikat Lepas Ekspor, Wamendag Kasih Jempol Foto: Bea Cukai

Dalam rangka menampung aspirasi oleh para pelaku industri, Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga didampingi Wakil Bupati Brebes, Narjo melaksanakan kunjungan industri sekaligus turut melepas ekspor 15 juta pasang sepatu oleh PT Bintang Indokarya Gemilang di Brebes, Jumat (9/10/2020).

PT Bintang Indokarya Gemilang adalah perusahaan yang memproduksi sepatu merek terkenal telah beroperasi di Brebes sejak 2015 dengan jumlah karyawan mencapai 5 ribu orang. Perusahaan menerima fasilitas kawasan berikat di lingkungan Bea Cukai Tegal.

Bergerak di bidang produksi sepatu dengan brand Adidas, PT Bintang Indokarya Gemilang mampu mencatat nilai ekspor sebesar US$3,17 miliar (sekitar Rp46,69 triliun) pada periode Januari sampai dengan Agustus.

Baca Juga: Dukung Pemulihan Ekonomi, Bea Cukai Siapkan Program Batam Logistic Ecosystem

Baca Juga: Bea Cukai Lepas Ekspor Produk Daur Ulang Polyethylen Terephtalate ke Taiwan

Nilai tersebut meningkat 8% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya kendati tahun ini Indonesia dirundung masa pandemi. Selain itu, PT Bintang Indokarya Gemilang mampu memberikan lapangan pekerjaan hingga 5 ribu orang karyawan.

Direktur Eksekutif Aprisindo, Firman Bakri mengatakan masih adanya kegiatan ekspor di tengah pandemi, menunjukkan sektor alas kaki berbasis ekspor memang masih terus tumbuh meski di masa pandemi.

"Hal ini tidak lepas dari peran fasilitas Kawasan Berikat yang diberikan oleh Bea Cukai sehingga cash flow perusahaan dapat dikelola dengan lebih baik untuk dikembangkan lebih baik," katanya.

Berdasarkan pemaparan tersebut, Wamendag menyatakan bahwa ini merupakan sebuah kabar baik yang akan dipertimbangkan di tatanan pusat agar dapat lebih memberi dampak positif bagi perekonomian bangsa.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini