Vitamin D Berperan Besar untuk Cegah Kerusakan Paru-Paru Pasien COVID-19

Vitamin D Berperan Besar untuk Cegah Kerusakan Paru-Paru Pasien COVID-19 Foto: Antara/Umarul Faruq

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin D dapat memberikan keajaiban bagi pasien virus corona atau COVID-19, baik dalam mengelola gejala maupun mencegah infeksi. 

Di antara pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit, 20 orang mengalami sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS) dan membutuhkan perawatan di ICU. ARDS adalah suatu kondisi ketika cairan terkumpul di paru-paru. Ini terkait dengan badai sitokin atau badai bradikinin.

Baca Juga: Daebak! Obat Covid-19 Buatan Taipan Korsel Ini Masuk Tahap Uji Klinis 3

Dilansir Times of India, Senin 12 Oktober 2020, sitokin merupakan protein yang mengirimkan sinyal ke sel dan menjalankan sistem kekebalan tubuh. 

Sedangkan bradikinin adalah protein yang menyebabkan peradangan. Ekspresi berlebihan dari protein ini, yang disebut badai sitokin atau badai bradikinin dapat menyebabkan kegagalan banyak organ. Lalu, bagaimana vitamin D dapat membantu?

Vitamin D bertindak sebagai agen imunomodulator yang dapat memiliki efek perlindungan terhadap hasil yang parah ini pada pasien COVID-19. Berikut cara vitamin D membantu mencegah kegagalan banyak organ. 

Vitamin D memainkan peran penting dalam aktivasi dan fungsi sistem kekebalan. Vitamin D menghambat fungsi sel T helper tipe 1 (Th1), yang terlibat dalam inflamasi yang dimediasi sel. 

Selanjutnya
Halaman

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini