Doni Monardo Beberkan Penyebab Banyak Dokter Gugur

Doni Monardo Beberkan Penyebab Banyak Dokter Gugur Foto: Antara/Dhemas Reviyanto

Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Kemenkes terus berupaya memberi dukungan ke tenaga medis di tengah pandemi corona. Termasuk memberikan fasilitas tes PCR rutin gratis ke setiap nakes.

"Kami ingatkan kepada seluruh pihak bahwa apa yang dituntut oleh kita, kepada kita, oleh para pakar epidemiologi adalah hal yang masih belum berat dibandingkan dengan pengorbanan dan perjuangan dokter dan nakes yang merawat pasien di RS," kata Doni dalam konferensi pers usai rapat bersama Presiden Jokowi, Senin (12/10/2020).

Doni menuturkan, pekerjaan dokter dan nakes risikonya sangat tinggi. Bukan hanya tertular, tapi potensi meninggal karena corona.

Baca Juga: Daebak! Obat Covid-19 Buatan Taipan Korsel Ini Masuk Tahap Uji Klinis 3

"Bahkan kalau kita liat data terakhir, ternyata sekitar 60% dokter yang wafat adalah dokter umum. Padahal mereka tidak langsung berhadapan dengan pasien Covid. Sehingga bisa kita simpulkan bahwa risiko dokter sangat tinggi, maka yang bukan pasien Covid sudah OTG dan justru menulari para dokter," tutur Doni.

Doni mengimbau, setiap saat masyarakat harus menaati protokol kesehatan. Jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan.

"Kalau kita sayang dan ingin lindungi dokter, kita harus patuh, disiplin untuk taati protokol kesehatan," katanya.

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini