Waspada Penipuan Kartu Prakerja, Jangan Isi Formulir di Link prakerja.vip!

Waspada Penipuan Kartu Prakerja, Jangan Isi Formulir di Link prakerja.vip! Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Di WhatsApp, beredar kabar pendaftaran Kartu Prakerja di tautan https://prakerja.vip. Apakah informasi itu benar? Cek faktanya di sini!

Mengutip laman pengecek fakta, Turn Back Hoax, Senin (12/10/2020), kabar itu tidak benar dan tergolong ke dalam hoaks. Sebab, pendaftaran Kartu Prakerja hanya bisa Anda lakukan di situs resmi prakerja.go.id, menurut Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziah.

"Hati-hati rekan pekerja saat menerima informasi. Tetap waspada dan laporkan kepada pihak kepolisian jika mengalami kerugian," ujar Ida melalui keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Penutupan Prakerja Gelombang 10 Hari Ini, Apa Benar Akan Jadi Tahap Terakhir?

Baca Juga: 75 Bursa Aset Kripto Ditutup karena Penipuan hingga Menghilang

Asal tahu saja, sebelumnya, pengguna Twitter memperingatkan perihal penipuan pendaftaran program Kartu Prakerja lewat tautan https://prakerja.vip, Minggu (11/9/2020).

Menurut Ida, situs itu merupakan tiruan dari situs resmi prakerja.go.id. Ia menduga kalau pembuatan prakerja.vip bertujuan mengumpulkan data pribadi masyarakat dengan modus penipuan. Artinya, itu tergolong ke dalam phishing.

Bagi Anda yang telah telanjur mengisi formulir di situs penipuan itu, Ida menyarankan agar Anda melaporkannya ke pihak berwajib.

Lebih lanjut, Ida menambahkan, ada pula oknum yang sengaja mengimitasi akun media sosial Kartu Prakerja, di Telegram misalnya. Untuk membedakan akun Prakerja asli dan palsu, Anda mesti perhatikan centang biru; sebab akun Prakerja yang resmi sudah terverifikasi, alias bercentang biru.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini