Apa Itu Lintang Kemukus?

Apa Itu Lintang Kemukus? Foto: Unsplash/Lukáš Va?átko

Lintang kemukus adalah garis sinyar oranye yang juga dikenal sebagai komet. Kemunculan Lintang Kemukus alias Komet atau Bintang Berekor di langit Jawa pada hari Sabtu malam 10 Oktober 2020. Banyak yang membawa fenomena lintang kemukus ini sebagai mitos kurang baik. Namun, apakah benar demikian?

Mitos

Dikutip dari Historia.id di Jakarta, Senin (12/10/2020) Lintang Kemukus dipercaya sebagai hantu pembawa maut berwujud bola arwah. Dipercaya muncul sebagai rombongan prajurit ganas yang bisa membunuh manusia ketika mereka tertidur.

Baca Juga: Apa Itu Gas Air Mata?

Beberapa masyarakat Jawa mempercayai kalau mereka adalah pasukan Nyi Roro Kidul yang tengah bergerak dari Laut Selatan ke Gunung Merapi atau Keraton Yogyakarta.

Secara umum, penampakan komet membawa hal yang kurang baik, kecuali komet tersebut muncul di arah barat. Dikutip dari Pikiran Rakyat, dalam tulisan Ni Nyoman Dhitasari yang menyebut Lintang Kemukus sebagai Komet Van Java dari buku "Sejarah Kutha Sala: Kraton Sala, Bengawan Sala, Gunung Lawu" karya R.M. Ng. Tiknopranoto dan R. Mardisuwignya, makna penampakan komet atau Lintang Kemukus menurut mitos yaitu sebagai berikut:

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini