Inilah 8 Silsilah Keluarga Tertua di Dunia, Usianya Ribuan Tahun

Inilah 8 Silsilah Keluarga Tertua di Dunia, Usianya Ribuan Tahun Foto: Unsplash/Alvin Mahmudov

Mengetahui tentang sejarah seseorang sangat penting bagi banyak orang, terutama bagi mereka anggota keluarga kerajaan.

Silsilah atau garis keturunan sangat menentukan bagi bangsawan kerajaan karena berkaitan dengan hak untuk memerintah (naik takhta) suatu waktu.

Inilah mengapa sebagian besar pohon keluarga tertua di dunia saat ini didominasi keluarga kerajaan yang masih eksis hingga saat ini. Berikut silsilah keluarga tertua di dunia yang tetap eksis hingga sekarang. 

1. Lurie Family

David_SM_Maggiore.jpg

Tahun Didirikan : c.1037 SM

Pendiri : Raja David

Kepala Keluarga Saat Ini : N / A

Negara Asal : Israel

Menurut data, keluarga Lurie adalah pohon keluarga tertua di dunia. Menurut Dr. Neil Rosenstein, yang menulis The Lurie Legacy, Keluarga Lurie dapat ditelusuri garis keturunannya sampai ke Raja Daud.

Seperti beberapa dari keluarga lain dalam daftar ini, anggota pendiri mereka mungkin belum tentu orang sungguhan. Keluarga Lurie dianggap sebagai keluarga Yahudi Ashkenazi paling terkemuka dalam sejarah dan banyak tokoh sejarah terkenal berasal dari Keluarga Lurie, termasuk Karl Marx, Sigmund Freud, Felix Mendelssohn, Martin Buber, Rashi, dan Hezekiah.

2. House of Solomon

House-of-Solomon.png

Tahun Didirikan : c.900 SM

Pendiri : Menelik I

Kepala Keluarga Saat Ini : Zera Yacob Amha Selassie

Negara Asal : Ethiopia dan Eritrea (dulunya satu kerajaan)

Sementara Ethiopia tidak lagi menjadi monarki dan keluarga kekaisaran tidak memerintah sejak 1974, House of Solomon masih ada sampai sekarang dan mengikuti garis keturunannya ke Menelik I, putra Raja Salomo dan Ratu Sheba.

Sejak House of Solomon kembali ke Menelik I, keluarga itu juga secara teknis kembali ke Raja Daud (Sulaiman adalah putra Daud), seperti Keluarga Lurie.

Meskipun kaisar terakhir Ethiopia, Haile Selassie I, meninggal secara misterius setahun setelah kudeta tahun 1974, keturunannya masih hidup hingga saat ini. Cucu Selassie, Zera Yacob Amha Selassie adalah Putra Mahkota Ethiopia di pengasingan.

3. Imperial House of Japan (Keluarga Kekaisaran Jepang)

Imperial-House-of-Japan-1024x682.jpg

Tahun Didirikan : 660 SM

Pendiri : Kaisar Jimmu

Kepala Keluarga Saat Ini : Kaisar Naruhito

Negara Asal : Jepang

Silsilah keluarga Kekaisaran Jepang mungkin bukan pohon keluarga tertua. Tapi mereka ini merupakan monarki turun-temurun tertua di dunia, mulai sejak 660 SM dengan aksesi Kaisar Jimmu yang legendaris. 

Meskipun ada beberapa perselisihan mengenai apakah 29 kaisar pertama atau lebih adalah orang sungguhan atau tidak, keluarga Kerajaan Jepang secara pasti dapat melacak garis keturunannya setidaknya hingga abad ke-6 M melalui Kaisar Kinmei.

Ia merupakan kaisar Jepang pertama yang sejarahnya dapat diverifikasi melalui dokumen. Seperti banyak monarki modern, Kekaisaran Jepang tidak memiliki kekuasaan nyata atas negara dan hanya bersifat simbolis di tingkat negara.

4. Keluarga Kong (Keturunan Konfusius)

Confucius-724x1024.jpg

Tahun Didirikan : c.551 SM

Pendiri : Confucius

Kepala Keluarga Saat Ini : Kong Tsui-chang (Cabang Utara); Kong Xiangkai (Cabang Selatan); Gong

Dae-sik (Cabang di Korea, Klan Gong Qufu)

Negara Asal : China

Pohon Keluarga Kong, atau keturunan Konfusius, memiliki pohon keluarga yang terdokumentasi dengan baik dalam sejarah.

Karena alasan ini, dan fakta bahwa Konfusius tidak diragukan lagi adalah orang yang nyata (tidak seperti beberapa leluhur dari pohon keluarga yang lebih tua yang mungkin hanya tokoh-tokoh legendaris), Pohon Keluarga Kong sering dianggap sebagai pohon keluarga tertua yang sebenarnya dalam sejarah.

Status Keluarga Kong sebagai pohon keluarga terpanjang di dunia juga diverifikasi oleh Guinness World Records.

5. British Royal Family (Keluarga Kerajaan Inggris)

British-Royal-Family-1024x683.jpg

Tahun Didirikan : sekitar abad ke-9 Masehi

Pendiri : Alfred the Great

Kepala Keluarga Saat Ini : Ratu Elizabeth II

Negara Asal : Inggris

Tidak ada keluarga kerajaan dalam daftar ini yang lebih terkenal atau populer daripada Keluarga Kerajaan Inggris yang dipuja dan dihormati oleh jutaan orang di seluruh dunia. Semua raja Inggris, termasuk Ratu Elizabeth II saat ini, adalah keturunan Alfred the Great, yang memerintah pada abad ke-9 dan merupakan Raja Inggris pertama.

Garis utama Keluarga Kerajaan Inggris saat ini adalah House of Windsor, yang mengadopsi nama keluarga selama Perang Dunia II. Sekarang semua keturunan Ratu Elizabeth II di masa depan memiliki nama belakang Mountbatten-Windsor, menggabungkan nama keluarga asli suaminya (Pangeran Philip).

6. House of Habsburg-Lorraine

House-of-Habsburg-Lorraine.jpg

Tahun Didirikan : abad 11 Masehi

Pendiri : Radbot, Pangeran Habsburg

Kepala Keluarga Saat Ini : Karl von Habsburg

Negara Asal : Swabia (Jerman Barat Daya modern atau Austria saat ini)

Saat ini, Austria tidak lagi memiliki keluarga kerajaan, namun keturunan dari keluarga paling produktif dan kuat di negara itu, House of Habsburg (sekarang House of Habsburg-Lorraine), masih memegang posisi penting dalam masyarakat dan politik Austria.

Sementara garis utama keluarga melalui ahli waris laki-laki secara teknis sudah mati, garis House of Habsburg belum putus karena garis keturunan berlanjut melalui Maria Theresa, yang merupakan Permaisuri Romawi Suci di abad ke-18.

7. House of Oldenburg

House-of-Oldenburg-752x1024.png

Tahun Didirikan: 1101 Masehi

Pendiri: Elimar I, Pangeran Oldenburg

Kepala Keluarga Saat Ini: Christoph, Pangeran Schleswig-Holstein

Negara Asal: Jerman Utara

Dari semua silsilah keluarga kerajaan dalam daftar ini, House of Oldenburg masih memiliki banyak anggota bangsawan di seluruh Eropa.

Ini termasuk Ratu Margrethe II dari Denmark, Raja Harld V dari Norwegia, mantan Raja Yunani Constantine II, Maria Vladimirovna Grand Duchess of Russia, Charles, Pangeran Wales dan Putra Mahkota dari Keluarga Kerajaan Inggris, dan Christoph, Pangeran Schleswig-Holstein dan kepala Keluarga Oldenburg.

Sementara cabang utama (melalui ahli waris laki-laki) dari House of Oldenburg mati pada akhir 1800-an, House of Glucksburg (sebelumnya dikenal sebagai House of Schleswig-Holstein-Sonderburg-Glücksburg) sekarang menjadi jalur utama House of Oldenburg.

8. House of Grimaldi (Keluarga Kerajaan Monaco)

House-of-Grimaldi.png

Tahun Didirikan: 1160 M

Pendiri: Grimaldo Canella

Kepala Keluarga Saat Ini: Pangeran Albert II dari Monaco

Negara Asal: Republic of Genoa (Italia)

House of Grimaldi telah memerintah Monaco sejak abad ke-12 dan kepala keluarga saat ini adalah Albert II, Pangeran Monaco yang Berdaulat.

Pohon keluarga ini bisa ditelusuri garis keturunannya sejak abad ke-12, di mana dinasti kerajaan House of Grimaldi dimulai pada 1297 ketika Francesco Grimaldi mengambil alih kekuasaan Monaco bersama dengan tentaranya yang berpakaian seperti Fransiskan.

Sejak itu, keturunan Keluarga Grimaldi telah memerintah Monaco. House of Grimaldi adalah salah satu keluarga terkaya yang pernah ada. Aset keluarga diperkirakan bernilai lebih dari USD1 miliar.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini