7 Makanan Penambah Imunitas Tubuh di Musim Hujan, Apa Saja?

7 Makanan Penambah Imunitas Tubuh di Musim Hujan, Apa Saja? Foto: Antara/Anis Efizudin

Ketika Oktober tiba dan cuaca mulai dingin, artinya musim pilek dan flu dimulai. Karena kita wajib memakai masker, menjaga jarak dan bekerja dari rumah, kemungkinan tertular penyakit menular pernapasan seperti flu mungkin minim.

Tetapi hal itu bukanlah kunci utama untuk kesehatan yang sempurna. Seringkali, status gizi yang buruk dikaitkan dengan peradangan dan stres oksidatif yang pada gilirannya dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Kenapa Kita Harus Menjaga Jarak? | Infografis

Untuk itu, coba tujuh makanan berikut untuk mendukung sistem kekebalan tubuh kita selama musim flu. Apabila imun terjaga maka kita bisa terhindar dari virus Covid-19 juga loh!

1. Kacang-kacangan

Ahli diet terdaftar dan Owner Sound Bites Nutrition di Cincinnati, Ohio, Lisa Andrews mengatakan bahwa kacang polong atau lentil bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kacang-kacangan mengandung serat prebiotik yang membantu mendukung probiotik hidup, khususnya lactobacillus, untuk mencegah infeksi dan mengurangi peradangan.

2. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi seperti kimchi, sauerkraut, dan kefir mengandung probiotik hidup. Probiotik adalah bakteri hidup yang menawarkan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Ahli diet terdaftar yang berbasis di California dan pendiri Tasty Balance Nutrition Lindsey Pine merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang difermentasi karena sekitar 70 persen dari sistem kekebalan manusia berada di usus.

"Dengan menjaga kesehatan usus dan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, Anda membantu melindungi sistem kekebalan," kata dia seperti dikutip dari laman Very Well Health, Minggu (11/9/2020).

3. Kunyit

Ahli diet terdaftar yang berbasis di New York City, Alena Kharlamenko menjelaskan bahwa kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi dan melindungi tubuh Anda dari senyawa berbahaya.

4. Tiram

Kharlamenko juga mengatakan bahwa menambah tiram ke dalam makanan mereka bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Tiram dan kerang lain seperti udang dan lobster juga dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan imun tubuh.

Selanjutnya
Halaman

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini