80% Pasien Covid-19 Adalah OTG: Bentengi Diri dengan Cuci Tangan yang Benar, Begini Caranya

80% Pasien Covid-19 Adalah OTG: Bentengi Diri dengan Cuci Tangan yang Benar, Begini Caranya Foto: Antara/Syaiful Arif

Dokter Spesialis Paru, Konsultan Intensivist dan Gawat Nafas RSPAD Gatot Soebroto, Dewiyana Andari Kusmana, mengungkapkan bahwa 80% pasien positif Covid-19 adalah orang tanpa gejala (OTG). Ia pun juga menyinggung bagaimana masyarakat masih ada yang belum memahami penggunaan masker dan cara mencuci tangan yang benar.

Baca Juga: Faktanya: Gelisah Sebabkan Covid-19 Susah Sembuh Lho

Baca Juga: 7 Langkah Mencuci Tangan | Infografis

"Pertama, telapak tangan yang sudah ditetesi sabun digosok dengan cara memutar sebanyak empat kali. Gerakan memutar itu bertujuan agar sabun di telapak tangan itu menyapu seluruh permukaan tangan hingga bersih. Kedua, bersihkan punggung tangan dengan gerakan turun naik agar kuman di bagian punggung tersebut hilang," katanya dalam dialog di saluran Youtube BNPB, Minggu (11/10/2020).

Baca Juga: Astaga! Demi Vaksin Covid-19, Setengah Juta Hiu Mati Dibantai

"Ketiga, sela-sela jari tangan dikatupkan lalu gosokkan agar kuman yang terselip di bagian lipatan ini bisa hilang. Setelah itu, diputar dan digenggam. Keempat, seluruh jari direkatkan posisi ujung kuku berada di atas telapak tangan, lalu digosokkan. Gerakan ini guna membersihkan kuman yang masuk dalam kuku. Dan terakhir membersihkan kuman di sekitar ibu jari," lanjutnya.

Ia menyebut sudah menangani Covid-19 sejak Maret. Menurutnya, masyarakat perlu menjaga protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker dengan benar, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dan mencuci tangan.

Menurutnya, cuci tangan seperti yang ia jelaskan lebih efektif dalam membersihkan kuman di sela-sela tangan.

"Cuci tangan seperti itu akan jauh lebih efektif. Terutama membersihkan kuman dan virus di sela-sela kuku," pungkasnya.

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini