Akhirnya Terbongkar, Ini Metode Peretasan dari Hacker Situs DPR

Akhirnya Terbongkar, Ini Metode Peretasan dari Hacker Situs DPR Foto: Reuters/Kacper Pempel

Sejumlah situs lembaga pemerintah menjadi target peretasan pada pekan ini, termasuk milik Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Menurut Sekretaris Jenderal DPR RI, Indra Iskandar, peretas situs DPR memanfaatkan metode disk operating system (DOS) dalam meluncurkan serangannya. Lalu, mereka mengirim berbagai virus ke situs tersebut.

"(Peretasannya) kan ini modelnya di DOS ya; membanjiri situs dengan berbagai hal itu ya virus," ujarnya, dikutip Jumat (9/10/2020).

Baca Juga: Cara Cegah Peretasan Website, Biar Nggak Jadi Korban Pembajakan

Baca Juga: 'Bapak DPR' Jadi Bulan-Bulanan Warganet, Apa Sebabnya??

Untuk mengantisipasi hal itu, Indra mengaku menggandeng Bareskrim Polri dan Telkom guna meninjau situs DPR. Setelah itu, pihaknya melakukan perlindungan agar tak terjadi hal serupa lagi.

Sementara itu, soal tulisan 'Perwakilan' yang berubah menjadi 'Pengkhianat', Indra menyebut itu sebagai suntingan (editan), bukan ulah hacker. "Kalau tulisan itu semua editan. Itu cuma editan saja," katanya.

Sekadar informasi, percobaan peretasan situs DPR telah berlangsung sejak Senin (5/10/2020) malam; sehingga laman itu tak tersedia bagi pengunjung.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini