Ponsel Murah Terlaris di Indonesia, Merek Apa Ya?

Ponsel Murah Terlaris di Indonesia, Merek Apa Ya? Foto: CMIB Niaga

Ponsel murah apa saja sih yang paling banyak konsumen cari untuk kebutuhan belajar dari rumah? Lembaga riset IDC punya jawabannya!

Berdasarkan laporan kuartal II, dilansir Jumat (9/10/2020), IDC menyebut, total pengiriman ponsel di Tanah Air menyentuh angka 7,1 juta unit.

"Secara keseluruhan, angka itu turun 26% daripada tahun sebelumnya atau 3% daripada kuartal I 2020," lapor IDC.

Baca Juga: 3 HP Realme Terlaris di Indonesia, Apa Saja Ya?

Baca Juga: Vivo V20: Harga, Spesifikasi, dan Ketersediaan di Indonesia

Penurunan itu terjadi karena PSBB di setengah periode kuartal II--baru membaik mulai Juni. Meski begitu, ada kenaikan permintaan terhadap HP seharga Rp1,5 juta-Rp3 juta.

Lembaga itu melaporkan, "permintaan ponsel kelas low-end melampaui 75%, naik 48% daripada tahun lalu."

Ponsel Paling Populer

Lima besar merek terpopuler dari segi pengirimannya menurut data IDC, yakni: Vivo (26,8%), Oppo (21,2%), Samsung (18,7%), Xiaomi (16,9%), dan Realme (14,2%).

Vivo menguasai pangsa pasar terbesar di segmen HP low-end, berkat penjualan di unorganized ritel yang masih buka walau ada kebijakan PSBB. Sementara Oppo punya kekuatan di segmen menengah yang memiliki kisaran harga Rp3 juta hingga Rp5,8 juta.

Lalu, Samsung memiliki kekuatan di seri M, sedangkan Xiaomi menang di kelas ultra low-end--kurang dari Rp1,5 juta. Lebih lanjut, pengiriman HP Realme menurun karena pasokan terbatas selama dua kuartal berturut-turut.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini