Buka Indonesia Modification Expo 2020, Bamsoet Dorong Industri Modifikasi Indonesia

Buka Indonesia Modification Expo 2020, Bamsoet Dorong Industri Modifikasi Indonesia Kredit Foto: MPR

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga Pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI) menjadi salah satu juri kompetisi Modifikasi LiveModz 2020 dalam ajang Indonesia Modification Expo (IME) 2020 yang diselenggarakan anak muda modifikator yang tergabung dalam National Modificator & Aftermaket Association (NMAA).

Dirinya bangga terhadap kreativitas anak muda tersebut, khususnya pelaku industri modifikasi otomotif yang tetap kreatif menyelenggarakan acara IME 2020 secara hybrid dengan memadukan offline dengan virtual.

Baca Juga: Bamsoet: Ide dan Kreativitas Kunci Sukses Modifikasi Otomotif

"Berbagai pendukung acara akan tampil langsung di event tersebut. Sementara, pengunjung bisa menyaksikannya melalui virtual. Pandemi Covid-19 memang mengharuskan kita tak berkerumun, tetapi bukan berarti lantas menghentikan kreasi untuk berkarya," ujar Bamsoet dalam pembukaan virtual IME 2020, di Jakarta, Jumat (9/10/2020).

Perhelatan Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 akan digelar 10 Oktober 2020. Pameran modifikasi tahun ini dipastikan berjalan menarik sebab untuk pertama kalinya dilaksanakan secara virtual menyusul terjadinya pandemi virus corona. Meski hanya bisa disaksikan lewat layar gadget, gelaran IMX 2020 patut disaksikan karena bakal menghadirkan karya-karya modifikasi yang unik, beberapa di antaranya adalah kontes modifikasi mobil bekas taksi dan skuter listrik custom.

Kontes modifikasi mobil bekas taksi dikemas dalam acara Live Modz 2020. Pertarungan kreativitas modifikasi 3 YouTuber otomotif (Ridwan Hanif Rahmadi, Fitra Eri, dan MotoMobi) dalam memodifikasi kendaraan eks taksi dan banjir. Ketiga mobil kontestan akan dinilai oleh dewan juri yang di antaranya terdiri dari Bambang Soesatyo (Ketua MPR RI) dan Andre Taulany (entertainer). Pemenangnya akan langsung diumumkan di IMX 2020.

Ketua DPR RI ke-20 ini menilai, melalui virtual justru memberikan kemudahan kepada siapa pun dan dari mana pun bisa mengikuti kegiatan ini. Jarak tak lagi menjadi hambatan. Diperkirakan, enam puluh ribu lebih pengunjung virtual akan menyaksikan IME 2020.

"Walaupun dilakukan secara virtual, tak mengurangi semangat penyelenggaraan acara untuk menumbuhkembangkan industri otomotif serta industri modifikasi. Kesempatan menunjukan karya tetap diberikan kepada pelaku usaha aftermarket, jasa modifikasi, hingga kemunculan mobil modifikasi terbaru dan terbaik karya anak bangsa," tandas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menuturkan, bidang usaha modifikasi otomotif termasuk dalam turunan lima sektor bidang manufaktur yang mendapat prioritas pengembangan dari Presiden Joko Widodo dalam menguatkan Indonesia memasuki era Revolusi Industri 4.0. Usaha modifikasi otomotif juga termasuk salah satu sektor UMKM yang mampu membuka banyak lapangan kerja sekaligus menggairahkan perekonomian nasional.

"Perputaran uang di segmen usaha modifikasi otomotif sudah mencapai ratusan miliar per tahunnya. Dalam acara IME 2020 saja menargetkan nilai transaksi hingga Rp4 miliar. Sebelumnya, di tahun 2019, ajang pameran ini mampu mencatat transaksi hingga Rp3,8 miliar. Bidang usaha modifikasi termasuk yang mampu menyelamatkan perekonomian Indonesia dari keterpurukan," pungkas Bamsoet.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini