Dear Pengguna Android, Ini Dua Jenis Aplikasi Berbahaya yang Harus Anda Waspadai

Dear Pengguna Android, Ini Dua Jenis Aplikasi Berbahaya yang Harus Anda Waspadai Foto: Reuters/Stephen Lam

Sejumlah aplikasi palsu beredar di toko aplikasi Google Play Store. Untuk itu, Anda sebagai pengguna mesti pintar memilah pemasangan aplikasi pada HP dan tablet Android.

Nah, untuk membantu Anda meningkatkan kewaspadaan dalam memilih aplikasi, Warta Ekonomi telah merangkum jenis aplikasi yang mencurigakan.

Berikut ini sejumlah aplikasi yang mesti Anda waspadai, dikutip dari situs Androidpit, Jumat (9/10/2020):

Baca Juga: Google Hapus Lebih dari 240 Aplikasi Berbahaya, Paling Banyak Di-Install di Indonesia!!

Baca Juga: Inggris Tuduh Huawei Komplotan dengan Partai Komunis China, yang Benar?

1. Aplikasi cleaner dan booster

Pernahkah Anda memasang aplikasi pembersih memori yang katanya bisa meningkatkan performa HP ketika memori hampir penuh? Jika iya, maka sebaiknya hapus aplikasi tersebut.

Sebab, firma Cheetah Mobile yang merekam ratusan juta unduhan aplikasi booster dan cleaner meneyebut kalau aplikasi tersebut tak baik untuk ponsel. Lagipula, sejumlah ponsel Android sudah memiliki fitur perawatan perangkat, seperti yang ada pada HP Samsung--ada di menu device care pada Pengaturan.

2. Aplikasi senter

Aplikasi flashlight atau senter juga perlu Anda waspadai. Sebab, sebagian besar aplikasi senter kerap meminta izin mengakses pesan singkat Anda.

Salah-salah, aplikasi itu bisa menyalahgunakan izin itu untuk mengirim pesan premium yang berpotensi menghasilkan uang bagi pengirimnya.

Nah, untuk menghindari aplikasi-aplikasi bahaya seperti itu, Anda perlu meninjau izin aplikasi sebelum memasangnya di HP. Perhatikan hal itu di deskripsi aplikasi, ya!

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini