Kisah Orang Terkaya: Vagit Alekperov, Miliarder Rusia Berdarah Muslim

Kisah Orang Terkaya: Vagit Alekperov, Miliarder Rusia Berdarah Muslim Foto: REUTERS/Eduard Korniyenko

Salah satu orang terkaya Rusia, Vagit Alekperov atau pemilik nama lengkap Yusufovich Alekperov lahir pada 1 September 1950. Dia adalah seorang pengusaha Azerbaijan dan Rusia, ketua dari perusahaan minyak terkemuka Rusia LUKOIL. Alekperov lahir di Azerbaijan SSR. Berkat perusahaannya, ia telah mengantongi kekayaan mencapai USD17,3 miliar (Rp254 triliun), menurut Forbes.

Ayahnya bekerja di ladang minyak sepanjang hidupnya dan menginspirasi Alekperov untuk mengikuti jejaknya. Ayah Alekperov adalah seorang Muslim Azerbaijan dan ibunya seorang Ortodoks Rusia. Sayangnya, ayah Alekperov meninggal saat ia masih kecil.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Stephen Schwarzman, Miliarder Sobat Karib Donald Trump

Alekperov sendiri dikenal sebagai sosok yang religius, tetapi tidak mendefinisikan dirinya sebagai Muslim atau Ortodoks. Karirnya dimulai di industri saat ia berusia delapan belas tahun.

Sementara itu, Alekperov lulus pada tahun 1974 dari Azerbaijan Oil and Chemistry Institute. Sebagai mahasiswa, ia juga bekerja sebagai operator pengeboran di Kaspmorneft, sebuah perusahaan produksi regional Kaspia.

Setelah lulus, dia masih bekerja di sana hingga pada 1979 dan maju dari insinyur menjadi wakil kepala unit produksi. Di sana, dia harus bekerja dalam kondisi ekstrim di anjungan minyak. Pada suatu kesempatan, pernah terjadi sebuah ledakan di rignya hingga melemparkannya ke laut Kaspia yang berbadai, dan dia harus berenang untuk menyelamatkan nyawanya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini