Titah Erdogan buat Militer Turki: Pergi ke Qatar dan Pastikan...

Titah Erdogan buat Militer Turki: Pergi ke Qatar dan Pastikan... Foto: Reuters/Bernadett Szabo

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengonfirmasi bahwa tentara Turki memang telah dikerahkan ke Qatar. Dia mengklaim kehadiran tentaranya itu untuk menjamin stabilitas di negara Teluk tersebut.

“Kehadiran pasukan Turki di Qatar untuk memastikan perdamaian dan stabilitas tidak hanya untuk Qatar tetapi juga untuk kawasan Teluk,” kata Erdogan seperti dikutip dari TRT Arabi, Jumat (9/10/2020).

Baca Juga: Qatar Jamu Erdogan di Doha, Bahas Pertemuan Mendesak?

"Tidak ada pihak yang boleh terganggu oleh kehadiran militer Turki kecuali mereka yang ingin menyebarkan kekacauan," lanjut dia.

Presiden Erdogan juga mengonfirmasi kehadian tentaranya di Suriah. Menurutnya, pasukan Turki tidak akan tinggal di Suriah selamanya dan akan mengakhiri kehadirannya di sana begitu solusi permanen untuk krisis ditemukan.

Turki dan Qatar menjalin ikatan kuat dalam beberapa tahun terakhir. Kedua negara itu dikenal sebagai pendukung kelompok Ikhwanul Muslimin, yang oleh Mesir dinyatakan sebagai organisasi teroris. Arab Saudi juga tidak menyukai kelompok tersebut. 

Qatar sendiri masih diblokade oleh Arab Saudi, Mesir, Bahrain dan Uni Emirat Arab dengan tuduhan mendukung kelompok teroris. Namun, Doha mendapat dukungan Iran dan Turki.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini