Duh, Negara-negara Muslim Ternyata Punya yang Paspor Terlemah di Dunia

Duh, Negara-negara Muslim Ternyata Punya yang Paspor Terlemah di Dunia Foto: Reuters/Kevin Lamarque

Lembaga Passport Index baru saja mengeluarkan ranking kekuatan paspor 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa. Ranking dibuat berdasarkan pada berapa banyak negara yang diberikan akses bebas visa atau mengizinkan pengunjung untuk mendapatkan visa pada saat kedatangan.

Menurut indeks peringkat paspor baru ini, delapan dari sepuluh paspor terlemah di dunia ternyata dimiliki negara-negara Muslim.

Baca Juga: Prancis Susun RUU Anti-Muslim, Turki Paling Ngotot Nolak: Jangan Ternakkan Xenophobia

Irak berada di urutan terbawah daftar dengan perjalanan bebas visa hanya ke empat negara, visa on arrival di 27 negara lainnya dan memerlukan visa sebelum keberangkatan ke 167 negara.

Dilansir di 5 Pillars UK, Kamis (8/10/2020), beberapa negara lainnya yang masuk di ranking bawah adalah Afghanistan, Suriah, Somalia, Yaman, Iran, Palestina dan Pakistan.

UEA memiliki paspor Muslim peringkat teratas, dengan berada di tempat ke-44. Pemilik paspor dari negara ini dapat melakukan perjalanan bebas visa ke 55 negara.

Selandia Baru mengamankan posisi teratas dengan perjalanan bebas visa ke 86 negara. Peringkat berikutnya diikuti oleh Jerman, Austria, Luksemburg, Swiss, Irlandia, Korea Selatan, Jepang dan Australia.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini