Jokowi Kabur dari Massa Demo UU Ciptaker, Demokrat: Sangat Tidak Layak!

Jokowi Kabur dari Massa Demo UU Ciptaker, Demokrat: Sangat Tidak Layak! Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Kemarin terjadi gelombang aksi unjuk rasa untuk menyuarakan penolakan terhadap disahkannya RUU Cipta Kerja menjadi Undang-undang di kawasan Istana Merdeka Jakarta Pusat. Namun, Presiden Joko Widodo justru sedang tidak berada di lokasi. Jokowi kemarin berada di Kalimantan Tengah untuk kunjungan kerja.

Politikus Partai Demokrat, Andi Nurpati, menilai sikap Presiden Jokowi bukanlah sikap kepala negara. Sebab, sangat tidak layak Kepala Negara meninggalkan kantornya di saat tahu rakyatnya akan datang untuk menyampaikan aspirasi.

"Sangat tidak layak seorang Presiden justru meninggalkan Jakarta atau Istana untuk keliling-keliling ke daerah dengan situasi rakyat berharap kepada Presiden untuk sebuah keputusan yang sangat penting. Beliau tahu bahwa masyarakat akan demo mulai dari kemarin, hari ini dan seterusnya. Tetapi beliau justru keluar dari Jakarta keluar dari istana ini sangat tidak layak," kata Andi Nurpati dalam diskusi daring yang diselenggarakan Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (DN-PIM) bertema UU Cipta Kerja Nestapa Bagi Para Pekerja, Kamis (8/10/2020).

Baca Juga: Terbongkar Semuanya, Demokrat Bongkar Kejanggalan Proses Pengesahan Omnibus Law

Dengan perginya Jokowi meninggalkan Istana Jakarta, menunjukkan bahwa Jokowi tidak menghargai rakyatnya yang ingin menyampaikan aspirasinya. Jokowi dinilai menyepelekan aspirasi rakyat yang saat ini dinilai begitu besar.

"Ini berarti Presiden menyepelekan aspirasi rakyat yang begitu besar. Jangan dilihat yang ada di jalan-jalan saja, tetapi banyak juga yang berdemo di udara, secara daring, dan seterusnya. Saya kira masyarakat memandang bahwa ini memang sangat merugikan rakyat dan bangsa Indonesia. Ini adalah bahaya yang mengancam ke depan," kata Andi.

Andi menilai sebaiknya Jokowi segera mengambil keputusan terkait disahkannya UU Cipta Kerja tersebut. Saat ini, publik menunggu sikap Jokowi sebagai Kepala Negara.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini