Cara Gunakan BuzzSumo, Alat Rancang Strategi Content Marketing

Cara Gunakan BuzzSumo, Alat Rancang Strategi Content Marketing Foto: Unsplash/ Scott Graham

Content marketing telah terbukti menjadi salah satu cara terbaik untuk membantu mempromosikan bisnis besar maupun kecil. Strategi ini memberikan informasi yang kaya akan sumber daya dan bermanfaat bagi situs web perusahaan Anda. Strategi ini dapat membantu Anda untuk menyediakan lebih banyak kebutuhan yang berkaitan dengan bisnis online sehingga audiens dapat menemukan situs web bisnis Anda. Menurut neworganizing.com, BuzzSumo adalah alat yang berguna untuk membuat strategi konten yang terbaik bagi situs web Anda.

Namun, masalahnya adalah Anda tidak bisa begitu saja mengisi blog atau situs web dengan apa saja dan berharap bahwa hal itu akan mendatangkan klien yang potensial. Anda perlu merencanakan dan memilih konten terbaik yang paling laris dan sesuai dengan target audiens target. Hal itu karena konten yang bagus, tetapi tidak dicari siapa pun menjadi sia–sia; memiliki konten berkualitas yang sesuai dengan permintaan pasar adalah sebuah keberhasilan. Cara ini bisa jauh lebih mudah dengan menggunakan situs bernama BuzzSumo.com.

Baca Juga: 5 Cara Optimalkan Digital Marketing

Dalam panduan ini, akan dijelaskan mengenai cara menggunakan BuzzSumo untuk memperkuat strategi pemasaran di media sosial.

Apa itu BuzzSumo?

BuzzSumo adalah alat bantu pemasaran yang membantu Anda dalam menemukan konten yang menarik serta peluang untuk menjangkau potensi baru. Situs ini juga membantu Anda untuk mencari konten, link, dan komentar yang paling banyak dibagikan. Selain itu, BuzzSumo juga membantu Anda dalam menemukan influencer teratas, memantau brand mention, feedback, dan masih banyak lagi.

BuzzSumo adalah alat yang hebat dalam menganalisis seberapa baik kinerja konten Anda di media sosial. Tidak hanya berguna untuk memeriksa kinerja konten Anda sendiri, tetapi juga dapat menganalisis konten yang dimiliki pesaing bisnis Anda.

Cukup dengan masukkan sebuah keyword atau URL situs web, BuzzSumo akan menunjukkan kepada Anda konten yang paling banyak dibagikan di media sosial. Alat ini menjadi pengumpul data media sosial terbaik bagi pemasar digital.

Manfaat Menggunakan BuzzSumo

-Meneliti Perilaku Audiens di Media Sosial

Gunakan BuzzSumo dalam strategi pemasaran sosial Anda untuk mempelajari semua postingan yang sedang tren di media sosial. Platform ini memberikan Anda akses ke konten yang sedang populer di kalangan audiens. Anda dapat menggunakan hasilnya untuk membuat konten yang menarik perhatian dan memperluas basis pengikut Anda.

-Memproduksi Konten yang Relevan

Biasanya, sekitar setengah dari konten yang dihasilkan untuk kampanye pemasaran tidak digunakan oleh pemasar. Hal ini terjadi karena konten tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan pemasaran atau tidak layak dibagikan kepada target audiens. BuzzSumo dapat membantu pembuat konten dan kurator untuk menghasilkan konten yang sesuai dengan kebutuhan pemasar. Ini akan menghemat banyak sumber daya dan waktu karena konten yang dibuat bisa dibagikan dan diterbitkan.

-Mendapatkan Informasi Mengenai Pesaing Bisnis

BuzzSumo menginformasikan sumber dan saluran apa yang digunakan pesaing Anda untuk melibatkan target audiens mereka. Anda dapat mengakses dan menggunakan sumber daya tersebut sebelum pesaing Anda melakukannya. Dengan demikian, Anda bisa memberikan pengaruh penting di pasar yang dituju. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan software yang digunakan untuk mendapatkan peringatan bila keyword yang dipilih mencapai ambang batas yang ditetapkan. Alat ini dapat menyederhanakan analisis pemasaran media sosial Anda.

Cara Menggunakan BuzzSumo

BuzzSumo adalah alat perancangan konten media sosial terbaik. Alat ini terus diperbarui dengan berbagai fitur terbaru, jadi Anda akan selalu mengetahui jenis konten apa yang diinginkan audiens. Sebelum Anda menggunakan alat ini, perlu diketahui bahwa BuzzSumo memiliki beberapa hal yang berguna seperti:

• Menghasilkan banyak topik yang hangat secara instan;

• Membuat indeks lebih dari 3,5 miliar artikel dan postingan;

• Dapatkan daftar terbaru dari influencer yang paling kuat di sektor industri Anda;

• Memata-matai pesaing Anda:

• Pantau semua yang hal terjadi secara online.

Pertama, masuk ke akun BuzzSumo. Jika belum memiliki akun, Anda bisa membuatnya. Alat ini gratis untuk digunakan, tetapi memiliki batasan waktu. Untuk bisa menggunakannya secara berkelanjutan, Anda perlu berlangganan melalui akun berbayar. Berikut adalah daftar harga akun berbayar BuzzSumo:

Pro: Rp1.459.042,20/bulan 

Plus: Rp2.638.066,20/bulan

Large: Rp4.406.602,20/bulan

Enterprise: Rp7.354.162,20/bulan

Setiap harga memiliki fitur yang berbeda, tetapi tidak menghilangkan substansi sebagai alat bantu pemasaran. Setelah mendaftarkan akun BuzzSumo, Anda bisa langsung menggunakannya. Berikut adalah panduan dalam menggunakan BuzzSumo:

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini