Dorong UMKM Masuk Rantai Pasok Sektor Industri, BTN Gandeng Koinworks

Dorong UMKM Masuk Rantai Pasok Sektor Industri, BTN Gandeng Koinworks Foto: BTN

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk kembali memperluas kerja sama dengan menggandeng PT Lunaria Annua Teknologi melalui layanan KoinBisnis yang berada di dalam platform KoinWorks.

Direktur Utama Bank BTN, Pahala Nugraha Mansury, mengatakan bahwa kemitraan ini menjadi dukungan perseroan mendorong pengembangan dan peningkatan kapasitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia, khususnya di sektor properti. Melalui kerja sama penyaluran kredit ini, lanjutnya, Bank BTN berupaya memberikan kesempatan bagi UMKM untuk memiliki kemampuan gerak lebih besar di rantai pasok sektor properti.

Baca Juga: Lampaui Target, Penyaluran Dana PEN BTN Capai Rp18,1 Triliun

"Dengan akses dan dana kredit Bank BTN melalui KoinWorks, kami berharap pelaku UMKM dapat mengisi rantai pasok di industri properti untuk mengakselerasi pertumbuhan sektor tersebut," jelas Pahala di sela Acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Bank BTN dengan KoinWorks tentang Pemberian Pinjaman dengan Skema Supply Chain Financing melalui platform KoinWorks di Jakarta, Kamis (8/10/2020).

Dengan menggandeng KoinWorks, tambah Pahala, perseroan meyakini dapat menjangkau makin banyak pelaku UMKM. "Kami percaya dengan kolaborasi bersama KoinWorks yang lebih dinamis dapat membuat analisa kredit dan customer experience menjadi lebih baik," lanjutnya.

Melalui kemitraan ini, calon debitur UMKM di sektor properti seperti pemasok, kontraktor, dan subkontraktor dapat mengakses kredit hingga Rp1 miliar melalui KoinWorks. Kredit tersebut dapat langsung diterima calon debitur berdokumen lengkap dalam kurun waktu 5 hari.

Pada tahap awal, total nilai kredit dari Bank BTN yang disalurkan melalui KoinWorks mencapai Rp75 miliar.

Adapun hingga kini, Bank BTN telah membina 4.792 debitur UMKM baik di segmen konvensional maupun Syariah. Ribuan debitur tersebut terdiri atas 13 sektor usaha mulai dari real estate, konstruksi, hingga pertanian.

Per Agustus 2020, emiten bersandi saham BBTN ini telah menyalurkan kredit ke sektor Small Medium Enterprises (SME) sekitar Rp1,9 triliun. Posisi tersebut naik 18,19% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp1,63 triliun di bulan yang sama tahun lalu.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini