Selama Pandemi, Percakapan Belanja Online di Twitter Terbang Tinggi

Selama Pandemi, Percakapan Belanja Online di Twitter Terbang Tinggi Foto: Pixabay

Platform media sosial Twitter memaparkan data internalnya. Data Twitter menunjukkan bahwa percakapan tentang belanja meningkat sebanyak 60% sejak Maret 2020 jika dibandingkan dengan Maret tahun lalu.

Dilihat dari volume tweet, orang-orang cenderung berbelanja secara online selama periode #dirumahaja, sebanyak 89% orang yang menggunakan Twitter di Indonesia melakukan pembelian secara online pada kuartal pertama 2020.

Di Twitter, percakapan belanja online sangatlah beragam. Menurut data Brandwatch, 44% pengguna Twitter di Indonesia berbicara mengenai belanja pakaian atau aksesoris, makanan (40%), peralatan rumah serta elektronik (35%), perawatan diri (33%) dan tentang ponsel atau gawai (27%).

Baca Juga: Konglomerat Finansial Jepang Caplok Bursa Kripto TaoTao

Baca Juga: Benarkah Valuasi Mitratel Lebih Tinggi dari Telkom?

Selain itu, Twitter mencatat pertumbuhan kuat di Indonesia dengan volume tweet sebesar 145,5% hingga Maret tahun ini.

"Topik tentang belanja yang biasanya baru mulai terlihat pada pertengahan tahun, kini mulai ramai dibicarakan sejak Maret 2020. Hal ini sekaligus memperlihatkan adanya peningkatan animo konsumen terkait belanja," kata Dwi Adriansah, Country Industry Head, Twitter Indonesia, Kamis (8/10/2020).

Kondisi saat ini yang mengubah perilaku belanja konsumen menuntut brand beradaptasi cepat agar masyarakat bisa bebas berbelanja, namun tetap aman di rumah. Menurut data dari Toluna, Haris Interactive di periode akhir Juli, sebanyak 59% pengguna Twitter di Indonesia berbelanja online untuk produk-produk yang biasanya dibeli secara offline. Sebuah kenaikan sebesar lebih dari 2% dari survei yang pada awal Juli memperlihatkan semakin banyak orang berbelanja online.

Berdasarkan survei GWI, berikut ini adalah kebutuhan rumah tangga yang kerap dibeli pengguna Twitter secara online: fashion (baju dan sepatu) 26,9%; make up, kosmetik, dan perawatan wajah 12,1%; vitamin 11,6%; hadiah 8,6%, dan perawatan pribadi 12%.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini