Apa Perbedaan Internet Banking, Mobile Banking, dan Digital Banking?

Apa Perbedaan Internet Banking, Mobile Banking, dan Digital Banking? Foto: Sufri Yuliardi

Industri perbankan terus melakukan inovasi dan digitalisasi guna meningkatkan kualitas produk dan layanan. Hal ini seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat. 

Sudah banyak inovasi yang dilakukan oleh sektor perbankan untuk memudahkan berbagai kebutuhan sekaligus memberi rasa aman dan nyaman bagi nasabah. Misalnya saja internet banking, mobile banking, dan digital banking.

Baca Juga: BI Sempurnakan Ketentuan RIM/PLM bagi Perbankan

Lantas, apa sih perbedaan antara ketiga inovasi di atas? Berikut ini penjelasannya yang dirangkum redaksi Warta Ekonomi dari berbagai sumber.

1. Internet Banking

Internet banking merupakan layanan perbankan yang bisa dinikmati oleh nasabah dengan cara mengakses situs bank tersebut melalui browser yang terhubung ke jaringan internet. Saat ini fungsi internet banking sudah mengungguli mesin ATM, kecuali untuk tarik tunai.

Sejumlah fitur yang ditawarkan internet banking umumnya, yakni

a. Informasi rekening dan kartu kredit yang mencakup posisi saldo, histori transaksi, maupun daftar rekening, termasuk rekening giro, deposito, tabungan rencana, dan lain-lain. Kamu juga bisa melihat informasi kurs di sini;

b. Transfer dana, baik antar-rekening bank maupun antar-bank. Fitur ini juga mencakup transfer terjadwal;

c. Pembayaran, baik pembayaran tagihan listrik, telepon, kartu kredit, asuransi, sampai e-commerce;

d. Notifikasi email untuk setiap transaksi. Beberapa bank bahkan memberikan rekapitulasi transaksi setiap bulan yang langsung dikirimkan ke email nasabah.

Sebelum menggunakan fitur dari internet banking, kamu membutuhkan user id, password, token atau one time password (OTP). Terlebih dahulu, kamu harus mendatangi bank atau melalui ATM untuk melakukan pendaftaran. Setelahnya, kamu bisa menggunakan internet banking dengan leluasa.

Internet banking ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain

a. Bisa diakses dari mana saja, baik dari PC, laptop, tablet, maupun ponsel. Tak masalah kamu ada di belahan dunia mana, yang penting terkoneksi internet;

b. Tidak terikat waktu. Kamu bisa mengaksesnya kapan saja, 24 jam sehari, tujuh hari seminggu;

c. Dilengkapi dengan sistem pengamanan berlapis. Meski terbilang aman, pastikan perangkat yang kamu gunakan bebas virus dan hindari menggunakan koneksi internet terbuka seperti WiFi publik.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini