Hebat! Kekayaan Para Miliarder China Tahun Ini Lebih Tinggi dari PDB Hong Kong

Hebat! Kekayaan Para Miliarder China Tahun Ini Lebih Tinggi dari PDB Hong Kong Foto: Republika

China telah mencetak tiga lusin miliarder baru di tengah pandemi virus corona karena orang terkaya di negara itu meningkatkan kekayaan mereka hampir USD500 miliar (Rp7.366 triliun). Jumlah miliarder di China meningkat menjadi 415 dengan kekayaan gabungan mencapai USD1,68 triliun (Rp24.749 triliun dari Januari hingga Juli.

Dilansir dari South China Morning Post di Jakarta, Kamis (8/10/2020) hal itu terungkap dari laporan miliarder terbaru yang diterbitkan oleh UBS dan PwC. Angka tersebut meningkat drastis dibandingkan dengan 114 miliarder sepuluh tahun lalu dengan kekayaan gabungan USD228 miliar saat itu.

Baca Juga: Miliarder AS Ini Sarankan Investasi ke China

Keuntungan bersih ini lebih besar dari ukuran produk domestik bruto Nigeria yang sebesar USD448 miliar (Rp6.599 triliun) pada tahun 2019, menduduki peringkat ke-25 terbesar di dunia oleh Bank Dunia. Sementara PDB Hong Kong adalah USD366 miliar (Rp5.391 triliun).

Kekayaan kolektif senilai USD1,68 triliun dari orang terkaya di negara itu, termasuk pendiri Alibaba Jack Ma, pendiri Tencent Holdings Pony Ma Huateng, dan pendiri NetEase William Ding Lei, berada sedikit di bawah PDB Rusia, yang merupakan terbesar ke-11 di dunia. Jika mereka adalah entitas ekonomi, Alibaba adalah pemilik terbesar.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini