Pengamat: Ahok Harusnya Dukung Kemandirian Energi Bangsa, Ini Titah Presiden

Pengamat: Ahok Harusnya Dukung Kemandirian Energi Bangsa, Ini Titah Presiden Foto: Pertamina

Pengamat Kebijakan Publik, Adib Miftahul, menilai Proyek Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dapat mendongkrak ekonomi Indonesia.

Sebab, menurut dia, jika kilang TPPI itu sudah beroperasi, maka akan memberikan dampak positif yang sangat besar untuk menekan impor minyak dan gas bumi (migas) Indonesia.  Baca Juga: KNPI Sebut Kemandirian Energi Bangsa Bisa Terganggu Gegara Aksi Ahok

Bahkan, ia menilai proyek pembangunan pabrik petrokimia TPPI bisa menciptakan kemandirian energi bangsa. Untuk itu, proyek tersebut harus didukung semua pihak. Tak terkecuali jajaran Komisaris PT Pertamina (persero).

Sementara itu, ia mengatakan proyek ini berpotensi terhambat lantaran kebijakan yang dikeluarkan oleh Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok seperti membentuk satuan tugas (satgas) investasi proyek TPPI. Baca Juga: Dahlan Iskan Kontra Ahok: Superholding BUMN Belum Urgen!

"Jika benar yang dilakukan Ahok justru akan membuat gaduh, dan Pertamina tidak bisa maju dan berkembang, bahkan bisa jadi Pertamina tidak bisa bersaing," katanya, dalam keterangannya, Kamis (8/10/2020).

Padahal, sambungnya, sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi, proyek kilang TPPI di Tuban harus segera rampung 3 tahun.

"Langkah Ahok ini blunder karena bisa saja menghentikan atau membatalkan proyek yang sudah berjalan dan tentu ini melanggar perintah presiden," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini