Janda Steve Jobs Tarik Investasi Jurnalisme, Hasilnya Banyak Jurnalis yang Dipecat!

Janda Steve Jobs Tarik Investasi Jurnalisme, Hasilnya Banyak Jurnalis yang Dipecat! Foto: Forbes

Istri dari mendiang Steve Jobs, Laurene Powell Jobs melepaskan sebagian investasinya dalam jurnalisme di tengah pandemi yang menghancurkan industri media.

Organisasi filantropi Powell Jobs melalui Emerson Collective telah memutuskan hubungan dengan Pop-Up Magazines Productions. Perusahaan itu memiliki Majalah Pop-Up dan Majalah California Sunday.

Serikat pekerja perusahaan media mengungkapkan berita itu dalam serangkaian cuitan di Twitter. Akibat itu, California Sunday akan menghentikan publikasi online dan menghentikan 11 pegawai.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Laurene Powell Jobs, Istri Mendiang Steve Jobs

Berita itu muncul beberapa bulan setelah The Atlantic yang sahamnya dimiliki Emerson Collective memberhentikan hampir 70 karyawan. Bulan Juni lalu, California Sunday telah berhenti mencetak majalahnya setelah enam tahun. Sekarang, California Sunday juga akan berhenti menerbitkan berita secara online juga.

Perkembangan ini mendapat reaksi keras dari jurnalis dan pengamat media yang bertanya-tanya mengapa Powell Jobs, yang diperkirakan Forbes memiliki harta USD16,4 miliar (Rp241 triliun) menarik kembali investasi jurnalismenya di tengah krisis ini.

Powell Jobs mendirikan Emerson Collective pada tahun 2004 sebagai tempat berinvestasi di lembaga nonprofit dan hak suara serta pendidikan.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini