Bill Gates: Konspirasi Menyebar Lebih Cepat di Sosial Media daripada Kebenarannya

Bill Gates: Konspirasi Menyebar Lebih Cepat di Sosial Media daripada Kebenarannya Foto: Reuters/Arnd Wiegmann

Miliarder Bill Gates telah lama menjadi sasaran teori konspirasi yang dikaitkan dengan Covid-19. Gates mengatakan, konspirasi lebih cepat menyebar dibandingkan kebenaran yang ada di social media.

"Ada yang bilang ada seseorang yang secara sengaja membuat virus ini. Ada beberapa konspirasi, hal-hal ini bisa menyebar sangat cepat," ujar Gates dikutip dari CNBC International di Jakarta, Kamis (8/10/2020).

Baca Juga: Bill Gates Minta 3 Syarat Ini untuk Hentikan Pandemi Covid-19

Pendiri Microsoft ini menyebut bahwa platform digital menjadi tempat bagaimana konspirasi mengenai Covid-19 menyebar cepat dibandingkan informasi yang sebenarnya.

Gates juga mengatakan mengatakan seharusnya perusahaan mengambil tindakan tegas mengenai informasi yang menyesatkan seperti seruan tidak menggunakan masker yang mengatasnamakan kebebasan.

"Atau (ajakan) tidak melakukan vaksinasi, padahal ini alat-alat untuk kembali ke kehidupan normal," ujar Gates.

Gates mengakui hal tersebut memanglah tak mudah karena perusahaan teknologi dan media sosial harus menyikapi secara bijak bagaimana cara membatasi atau menutup konten yang menyesatkan.

Selain itu, Gates juga menyinggung soal film dokumenter 'The Social Dilemma' yang ditayangkan di Netflix mengenai bagaimana masyarakat sudah mulai melek denganĀ social media.

Sebelumnya suami dari Melinda Gates ini juga khawatir mengenai penyebaran berita infomarsi yang salah di WhatsApp, di mana pesannya dienkripsi. Gates mengatakan tak menutup kemungkinan isu antivaksin dan lainnya tidak terfilter oleh WhatsApp.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini