PLN Tuntaskan Uji Coba Pemanfaatan EBT Pengganti Batu Bara PLTU

PLN Tuntaskan Uji Coba Pemanfaatan EBT Pengganti Batu Bara PLTU Foto: PLN

PT PLN (Persero) menuntaskan uji coba pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) untuk dua Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), masing-masing PLTU Ropa Kabupaten Ende dan PLTU Bolok Kabupaten Kupang, melalui program Co-Firing guna meningkatkan penggunaan EBT pengganti batu bara dalam penyediaan listrik.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTT, Agustinus Jatmiko mengatakan, uji coba program Co-Firing ini berhasil dilakukan di PLTU Ropa pada 14-15 September dan PLTU Bolok pada 28-30 September.

"Dalam program Co-Firing di PLTU Ropa, PLN mengganti bahan bakar berupa batu bara dengan 10 persen biomassa yang diperoleh dari tempat olahan sampah setempat. Sementara untuk PLTU Bolok, menggunakan 5 persen biomassa yang berasal dari cacahan kayu," kata Agustinus, Rabu, (7/10/2020).

Baca Juga: Berkat Pendampingan PLN, Omzet UMKM Wisata Tani Betet Nganjuk Melesat Tajam

Ia menjelaskan, program Co-Firing merupakan bagian dari semangat pemanfaatan EBT dalam transformasi PLN.

Co-Firing merupakan sebuah teknologi substitusi batu bara dengan energi terbarukan pada rasio tertentu yang tetap memperhatikan kualitas bahan bakar sesuai spesifikasi teknis.

Agustinus menuturkan, saat uji coba dilakukan, proses pembakaran biomassa berjalan sempurna dan karakteristiknya mirip dengan batu bara yang digunakan di PLTU tersebut.

"Pada saat kami melakukan mixing antara batu bara dengan biomassa tersebut, hanya dibutuhkan waktu 30 menit masa transisi hingga mencapai titik stabilisasi," tutur Agustinus.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini