Korut Mampu Tembakan Rudal Sampai ke New York, Daya Ledaknya 6 Kali Bom Hiroshima

Korut Mampu Tembakan Rudal Sampai ke New York, Daya Ledaknya 6 Kali Bom Hiroshima Foto: Foto/Istimewa

Para analis mengatakan kemampuan militer Korea Utara meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Pyongyang diyakini sudah bisa menembakkan rudal hingga ke New York. Korut makin ngeri dengan aksi unjuk gigi dengan negeri Paman Sam.

Korut diperkirakan sudah bisa mengembangkan bom hidrogen, yang kekuatannya enam kali lebih dahsyat dari bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang, pada 1945.

Baca Juga: Yang Lebih Berbahaya dari Korea Utara Itu Gedung Putih

Catatan menunjukkan, sepanjang 2017, Korea Utara menguji coba beberapa rudal yang memperlihatkan kemajuan pesat di bidang teknologi militer.

Rudal Hwasong-12 misalnya diperkirakan memiliki daya jangkau hingga 4.500 km yang bisa dipakai untuk menyerang pangkalan militer Amerika Serikat di Guam di Samudra Pasifik.

Korut juga sudah menguji coba Hwasong-14, yang menurut beberapa kajian, bisa menempuh jarak 10.000 kilometer jika ditembakkan dengan trajektori maksimum.

Dengan spesifikasi seperti ini, Hwasong-14 menjadi rudal balistik antarbenua pertama yang dimiliki Korut yang bisa dipakai untuk menembak sasaran di New York. Jika ditembakkan dengan trajektori yang konvensional yang lebih landai, rudal ini punya daya jelajah maksimum 13.000 kilometer.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini