Apa Itu Pendapatan Bunga?

Apa Itu Pendapatan Bunga? Foto: Freepik

Pendapatan bunga adalah jumlah yang dibayarkan kepada entitas untuk meminjamkan uangnya atau membiarkan entitas lain menggunakan dananya. Dalam skala yang lebih besar, pendapatan bunga adalah jumlah yang diperoleh dari uang investor yang dia tempatkan dalam investasi atau proyek.

Cara yang sangat sederhana dan mendasar untuk menghitung pendapatan bunga adalah dengan mengalikan jumlah pokok dengan tingkat bunga yang diterapkan, dengan mempertimbangkan jumlah bulan atau tahun uang itu dipinjamkan.

Baca Juga: Apa Itu Pendapatan Bersih?

Sementara pendapatan bunga bersih adalah ukuran kinerja keuangan yang mencerminkan perbedaan antara pendapatan yang dihasilkan dari aset yang mengandung bunga bank dan biaya yang terkait dengan pembayaran kewajiban yang menghasilkan bunga. 

Pendapatan bunga biasanya merupakan pendapatan kena pajak dan disajikan dalam laporan laba rugi karena akun pendapatan.

Biasanya, dua kategori dalam laporan laba rugi, yaitu "Pendapatan dari Operasi" serta "Pendapatan Lain-lain" dicantumkan secara terpisah. Dalam contoh seperti itu, penyajian pendapatan bunga akan sangat bergantung pada sifat operasi utama bisnis.

Jika pendapatan bunga merupakan sumber utama dana bagi perusahaan, maka pendapatan tersebut termasuk dalam "Pendapatan dari Operasi". Jika bukan sumber pendapatan utama, maka pendapatan bunga diklasifikasikan sebagai "Pendapatan dari Investasi" atau "Pendapatan Lainnya".

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini