China Bakal Rebut Dominasi Negara-negara Barat dari Dunia

China Bakal Rebut Dominasi Negara-negara Barat dari Dunia Foto: Antara/REUTERS/Thomas Peter

Sebuah laporan dari National Bureau of Asian Research (NBR) yang diterbitkan pada Oktober 2020 memperingatkan ekspansi Tiongkok ke negara-negara Barat.

Laporan NBR itu dikumpulkan oleh Nad├Ęge Rolland, disebutkan bahwa ekspansi Tiongkok tidak hanya membahayakan posisi Amerika Serikat (AS) dengan sistem demokrasinya, tapi juga prinsip-prinsip fundamental yang menopang tatanan internasional, sebagaimana dikutip dari Express.

Baca Juga: Memanas, Kehadiran Jet Tempur China Dua Kali Lipat Bikin Taiwan Tertekan

Rolland telah menulis beberapa laporan tentang Tiongkok dan menjabat sebagai analis dan penasihat senior tentang masalah strategis Asia-Tiongkok untuk Kementerian Pertahanan Prancis selama satu dekade.

Dalam laporan yang ditulis sebagai bagian dari proyek 'Visi Tiongkok untuk Tatanan Regional dan Global Baru' di NBR, Rolland memperingatkan sistem dunia saat ini yang dipimpin oleh negara-negara demokrasi seperti Inggris dan AS berada di bawah ancaman dari 'otoritarianisme tidak liberal' Beijing.

AS dan sekutunya telah didesak untuk tidak bergantung pada Tiongkok seperti dengan munculnya infrastruktur Huawei 5G.

Menurut laporan Rolland, Tiongkok ingin membentuk kembali, mengubah, dan mendefinisikan kembali elemen-elemen sistem dunia yang ada agar lebih sesuai dengan pandangan dan kepentingannya.

Tiongkok menolak model Barat yang dikatakan berusaha meniru masa lalu kekaisarannya dikelilingi oleh negara-negara lebih lemah yang akan bergantung pada negara adidaya.

"Tiongkok akan menjadi negara terbesar, paling kuat, dan paling maju secara teknologi, dengan negara-negara bagian yang lebih kecil, lebih lemah, dan lebih rendah berputar-putar di orbitnya," tulis laporan itu.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini