Gegara Trump Kena Corona, Debat Cawapres AS Makin Asyik

Gegara Trump Kena Corona, Debat Cawapres AS Makin Asyik Foto: Antara/REUTERS/Kevin Lamarque

Debat kandidat wakil presiden Amerika Serikat (AS) antara Mike Pence dan Kamala Harris diperkirakan semakin menarik setelah Presiden Donald Trump positif Covid-19.

Isu kesehatan menguat menjadi topik utama pemilu presiden AS yang akan digelar kurang dari sebulan lagi. Pence dan Harris akan bertemu dalam debat yang digelar di Salt Lake City pada Rabu (7/10/2020) saat kampanye Trump terkena dampak wabah Covid-19.

Baca Juga: Gegara Trump Kena Corona, Debat Capres AS Bakal Gunakan Plastik

Tidak hanya Trump yang terkena Covid-19 tapi juga beberapa orang dalam lingkaran dalam Gedung Putih. Saat ini Mike Pence unggul 10 poin persen di atas Trump dalam berbagai survei nasional saat pemilih menganggap Trump tidak peduli dengan pandemi itu.

Pence perlu menunjukkan pada publik bahwa dia siap melangkah sebagai presiden jika situasi mengharuskannya. Saat ini krisis corona di AS telah menewaskan hampir 210.000 warga AS.

Bagi Harris, dia harus menunjukkan pada pemilih bahwa dia siap memegang posisi kepresidenan jika diperlukan dalam kondisi tertentu.

Biasanya, debat calon wakil presiden tak terlalu disoroti publik dibandingkan tiga debat presiden. Debat calon wakil presiden biasanya ditonton lebih sedikit orang dibandingkan saat debat calon presiden.

“Debat ini berbeda. Beberapa orang mungkin khawatir tentang Mike Pence dan bagaimana dia akan bekerja jika diperlukan. Dan ada pertanyaan tentang kemampuan Joe Biden untuk tetap sehat,” ujar Christopher Devine, pakar dalam isu wakil presiden di Universitas Dayton.

Trump, 74, kembali ke Gedung Putih pada Senin setelah tiga hari tinggal di Walter Reed National Military Medical Center untuk perawatan Covid-19. Para dokter menyatakan dia mengalami pemulihan, meski belum jelas kapan dia akan mampu kembali mengikuti aktivitas kampanye.

Juru bicara kampanye Trump, Tim Murtaugh, menyatakan presiden ingin berpartisipasi pada jadwal debat selanjutnya dengan Biden pada 15 Oktober di Miami. 

Pence kini harus mencoba mengurangi momentum Biden-Harris yang tetap kuat. Trump tampak tak dapat melakukan debat dengan baik saat melawan Biden pekan lalu. 

Trump saat debat kesulitan menjelaskan pada publik mengapa dia harus terpilih lagi dan justru sering melontarkan hinaan untuk menyudutkan Biden.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini