Instagram Luncurkan Fitur Baru untuk Dagang, Ini Cara Mengaktifkannya

Instagram Luncurkan Fitur Baru untuk Dagang, Ini Cara Mengaktifkannya Foto: Instagram

Media sosial di bawah naungan Facebook, Instagram, mengumumkan peluncuran fitur Shopping untuk semua akun bisnis dan kreator di Indonesia yang akan dilakukan secara bertahap guna memaksimalkan strategi pemasaran mereka di Instagram.

Perusahaan menyebut, secara global, Indonesia terus menempati posisi lima besar negara dengan jumlah profil bisnis terbanyak di Instagram.

Baca Juga: Top Influencer Youtube dan Instagram, Pasangan Ini Dapat Uang Hingga Rp3 M dari Konten

"Instagram menjadi wadah penggerak bagi pebisnis dalam memasarkan produk dan mendorong penjualan, terutama di tengah masa pandemi ini. Fitur Shopping yang diluncurkan secara bertahap mulai hari ini adalah kelanjutan dari komitmen kami dalam membantu UMKM dan kreator di Indonesia untuk terus 'naik kelas' dan meraih sukses, baik di dalam maupun di luar negeri," ujar Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian, Selasa (6/10/2020).

Kegiatan jual-beli memang telah menjadi salah satu aktivitas penting bagi pengguna di Instagram. Data internal Instagram (2019) menunjukkan bahwa 90% pengguna mengikuti setidaknya satu akun bisnis di Instagram. Fitur Shopping ini sudah tersedia di IGTV dan perusahaan akan memperbarui fitur ini secara berkala.

Untuk menggunakan fitur Shopping, pertama-tama pelaku bisnis harus membuat Toko melalui Commerce Manager. Setelah berhasil, selanjutnya pelaku bisnis dapat mengajukan permohonan untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka pengaturan profil dengan menekan ikon tiga baris yang terdapat di laman profil Instagram, lalu pilih Pengaturan;

2. Pilih Bisnis dan klik Siapkan Instagram Shopping;

3. Ikuti langkah-langkah yang tertera dan ajukan peninjauan untuk akun. Demi menjaga keamanan pengguna di platform Instagram, seluruh proses peninjauan untuk permohonan fitur Shopping dilakukan oleh manusia (human reviewer) untuk meminimalisasi kesalahan. Oleh karena itu, proses peninjauan ini biasanya memerlukan waktu beberapa hari, bahkan terkadang dapat memerlukan waktu yang lebih lama;

4. Untuk melihat status peninjauan akun bisnis, kunjungi Belanja di Pengaturan.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini